Waspada dan Kenali Gejala COVID-19

RANTIANG.COM- Virus Corona terus menyebar luas di Indonesia dalam beberapa hari terakhir. Hari demi hari, pasien yang mengidap Corona terus bertambah. Pemerintah menghimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan dan jangan melakukan kontak dengan orang yang diduga terkena Corona.

Organisasi Kesehatan Dunia maupun Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC) telah mengeluarkan imbauan tentang bagaimana penyebaran virus corona, ciri-ciri, gejala maupun cara pencegahannya.

Ada beberapa gejala yang menandakan seseorang terkena Corona. Gejalanya sama seperti penyakit pada umumnya, cuma lebih spesifik perubahan dalam setiap harinya.Virus ini diperkirakan menyebar dari orang ke orang, seperti antara orang yang bersentuhan erat satu sama lain dalam jarak sekitar enam kaki dan juga melalui tetesan pernapasan yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin.

Berikut gejala Corona yang harus kita waspadai :

Hari ke-1 s/d 3: Merasakan demam, kelelahan, nyeri otot dan batuk kering. Sebagian ada yang mengalami diare dan mual dua hari sebelum demam.

Hari ke-4: Tenggorokan mulai terasa sakit, suhu tubuh semakin bertambah, sakit kepala ringan dan suara terasa serak.

Hari ke-5: Tenggorokan semakin sakit, suara serak, tubuh terasa lelah dan sendiri terasa nyeri.

Hari ke-6: Suhu tubuh mulai di atas 37, batuk dengan lendir hingga muntah-muntah.

Hari ke-7: Suhu tubuh sudah lebih tinggi dari 37,8, batuk berdahak berlebihan, semua badan terasa nyeri dan sesak napas semakin parah.

Hari ke-8: Suhu tubuh sudah mencapai 38 derajat, batuk tak henti-henti, sulit sekali bernapas, punggung terasa sakit.

Seminggu pertama adalah gejala rata-rata sebelum pasien Corona dirawat di rumah sakit dan tanda kalau virus dalam tubuh semakin kuat. Pada tahap ini, pasien harus dirawat di rumah sakit. Biasanya rentan waktu sembuh 1-2 minggu, jika lebih dari waktu itu biasanya kondisi pasien sudah sangat parah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *