Untukmu, Wahai Mahasiswa Tingkat Akhir

RANTIANG.COM -Menjadi seorang mahasiswa tingkat akhir, tentunya menjadi suatu kebanggan karena hampir menyelesaikan masa studi demi mendapatkan gelar sarjana. Namun,  sebagian mahasiswa merasa bahwa posisi ini sangat mencemaskan. Mahasiswa tingkat akhir seringkali dihadapkan pada posisi yang seakan ingin berhenti saja, banyak yang akhirnya memutuskan untuk menunda karena merasa tidak siap untuk menghadapi semester-semester akhir yang memang selalu sibuk dengan berbagai macam tugas.

Selain itu tugas akhir atau skripsi menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa tingkat akhir. Bahkan, skripsi juga menjadi momok menakutkan bagi mahasiswa tingkat akhir, karena tidak sedikit mahasiswa yang berganti menjadi mahasiswa abadi akibat ketidaksiapannya dalam menyelesaikan skripsi tersebut.

Untuk mengantisipasi masalah yang akan menghambatmu menuju sarjana wahai mahasiswa tingkat akhir, berikut tipsnya.

  1. Buat Perencanaan Tugas Akhir.

Perencanaan yang baik akan membantu memudahkan dalam pengerjaan tugas akhir. Pada perencanaan ini kamu bisa menargetkan waktu yang kamu butuhkan dalam menyusun tugas akhir. Kamu juga bisa membuat jadwal atau daftar apa saja yang kamu butuhkan dalam membuat tugas akhir.

 

  1. Buat Skala Prioritas

Pada fase ini, kamu dituntut untuk bijak dalam manajemen waktu. Kamu harus lebih pintar memilih mana yang lebih penting untuk di selesaikan. Susun berbagai kegiatan tersebut ke dalam skala penting-mendesak, penting-tidak mendesak, tidak penting-mendesak, dan tidak penting-tidak mendesak. Urutkan kegiatanmu sesuai skala prioritas dari yang terpenting hingga terakhir ke paling tidak penting. Hal ini dapat membantumu mengurangi kebingungan saat agenda kegiatanmu datang bertumpuk bersamaan.

 

  1. Hati-hati dengan Distraksi

Ketika kamu fokus dalam menyelesaikan tugas akhir, akan ada namanya jenuh atau bosan. Saat kamu mengalami hal itu, bersantai atau rileksasi akan sangat baik dilakukan. Tapi seringkali seseorang terjebak pada zona tersebut. Karena kamu keasikan nyantai jadi males-malesan ngelanjutin tugasnya. Jangan sampai seperti itu ya.

  1. Selalu Kontak dengan Dosen Pembimbing.

Salah satu kunci keberhasilan menyelesaikan tugas akhir dengan mudah yaitu bimbingan yang konsisten dengan dosen pembimbing. Seandainya pun dosen pembimbingmu galak, jangan pernah lari darinya. Pahami kepribadiannya dan temukan sisi baiknya. Dengan rajin berkonsultasi maka kamu akan mengetahui kekurangan-kekurangan pada tugas akhir, sehingga kamu bisa memperbaiki lagi demi mencapai hasil yang maksimal.

  1. Jangan Menunda

Salah satu “penyakit” yang banyak menjangkiti mahasiswa tingkat akhir yang sedang menghadapi skripsi adalah penyakit menunda atau “besok saja”. Hal ini jika dibiarkan dapat menyebabkan waktu demi waktu terbuang percuma. Meskipun kaki terasa sangat berat untuk melangkah ke kampus, usahakan tetap berangkat. Ingat, waktu tidak dapat terulang kembali. Jangan sampai kawan-kawanmu telah selesai skripsi, kamu masih berdiri saja di sini tanpa perkembangan yang berarti.

Nah, itu dia beberapa tips buat kamu wahai mahasiswa tingkat akhir. Masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan untuk menunjang keberhasilanmu dalam menyelesaiakn tugas akhir. Lakukan yang terbaik agar hasil dari tugas akhirmu tidak mengecewakan waktu yang tidak sempat kamu gunakan untuk bersenang-senang karena kesibukanmu.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *