Tips Menyambut Bulan Ramadhan

RANTIANG.COM- Bulan suci penuh ampunan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim sedunia akan segera datang. Tak terasa hanya menunggu beberapa hari lagi umat Nabi Muhammad SAW dapat menunaikan rukun Islam yang ke-3. Bulan Ramadan tahun ini diprediksi akan jatuh pada hari senin (06 Mei 2019).

Untuk menyambut bulan penuh rahmat ini, ada beberapa tips yang perlu kita lakukan supaya ibadah kita lebih berjalan dengan lancar.

Berikut beberapa tipsnya:
1. Hal pertama yang perlu kita lakukan untuk menyambut bulan Ramadhan yaitu Bergembira dan bersyukur.
Allah SWT berfirman dalam surah Yunus ayat 58 yang artinya “katakanlah: “Dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Karunia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan”.
Nah untuk itu kita harus bergembira dalam menyambut bulan ramadhan karena itu merupakan karunia dan rahmat yang diberikan Allah SWT.

2. Kedua, bertaubat kepada Allah SWT. Karena segala dosa dan perbuatan maksiat dapat menghambat kita dalam menjalankan ibadah puasa maupun ibadah lainnya.
Seperti firman Allah dalam surah At-Tahrim ayat 8 yang artinya:”Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan Tubat nasuha (taubat yang semurni-murninya),”

3. Ketiga yang perlu dilakukan yaitu berkeinginan kuat. Maksudnya yaitu kita perlu menargetkan hal-hal yang dapat kita capai dalam melaksakan ibadah pada bulan Ramadhan. Contohnya kita berzakat, membaca Al-Quran hingga Khatam, melakukan ibadah dan kebaikan-kebaikan lainnya.

4. Keempat, belajar fiqih puasa dan Ramadhan. Hal ini diperlukan supaya kita dapat melaksanakan ibadah pada bulan Ramadhan sesuai dengan ajaran Islam dan kita dapat mengetahui apakah ibadah yang kita lakukan sudah sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW.

5. Tips yang kelima, berdoa. Doa merupakan hal yang penting dalam menyambut bulan Ramadhan. Berdoa supaya kita sampai dan dapat beribadah dengan lancar di bulan Ramadhan.

Nah itu sedikit tips yang dapat kami berikan. Semoga puasa kita kali ini dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan serta di berkahi oleh Allah SWT.

Sumber: muslimobsesion.com
Sumber gambar : suaramualum.net



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *