Tips Menghadapi Tugas yang Menumpuk

RANTIANG.COM– Nah teman-teman, dari pada kamu pada akhirnya malah tertekan dan terbebani dengan segala tugas yang diberikan oleh dosenmu, berikut ini tips-tipsnya agar kamu tidak stress saat tugas kuliah menumpuk.

1. Fokus
Setelah kamu sudah memilih untuk mengerjakan salah satu tugas, tips menyelesaikan tugas kuliah selanjutnya adalah fokus dengan apa yang kamu kerjakan. Kerjakanlah hingga selesai, jangan memikirkan tugas yang lain. buat batas waktu sendiri dan komitmen “gue mau ngerjain tugas dosen A yang dikumpulin besok!” dengan begitu kamu bakalan semangat dalam mengerjakan tugas itu.

2. Buatlah jadwal untuk menyelesaikan tugas-tugasmu
Cara selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan membuat jadwal untuk menyelesaikan tugas-tugasmu. Kamu bisa mencatat tugas yang diberikan baik saat kuliah, selesai kuliah, atau ketika kamu sudah sampai di kos. Buatlah juga deadline untuk masing-masing tugas yang diberikan. Sehingga saat kamu akan mengerjakan tugas kamu akan tau tugas mana yang perlu dikerjakan terlebih dahulu dan mana tugas yang bisa dikerjakan di lain waktu. Dengan kamu membuat jadwal untuk tugas kuliahmu, secara otomatis akan membuat aktivitasmu menjadi tertata dan kamu tidak merasa dipusingkan dengan tugas yang ada.

3. Kurangi kegiatan yang melelahkan
Sebagai mahasiswa pastinya kita punya kebebasan kita sendiri, terutama dalam hal-hal yang tidak berhubungan dengan perkuliahan. Misalnya saja kamu suka nongkrong bareng teman-temanmu, bergabung dengan komunitas, organisasi, atau kegiatan-kegiatan lain. Namun, sebagai contoh meski sebenarnya berorganisasi itu penting kamu tidak boleh menomorduakan tugasmu hanya karena kegiatan di organisasimu. Kamu harus tegas dan bijaksana pada dirimu sendiri. Kamu harus berani dan yakin untuk memutuskan kapan kamu akan mengerjakan tugas dan kapan kamu harus menggunakan waktumu untuk kegiatan-kegiatan di luar aktivitas perkuliahan.

4. Konsumsi makanan yang mampu mengurangi stress
Untuk yang keempat ini juga gak boleh kamu lupain! Mengonsumsi makanan tertentu ternyata bisa membantumu untuk mengurasi rasa tertekan saat mengerjakan tugas-tugas kuliah. Misalnya saja seperti yogurt. Dengan mengonsumsi yogurt, serotonin dalam otakmu akan meningkat. Dengan begitu kamu akan merasa rileks saat kamu tertekan dengan banyaknya tugas kuliah yang kamu hadapi. Tapi, kalau kamu tidak doyan mengonsumsi yogurt masih ada makanan lain yang bisa kamu coba kok! Seperti coklat, kacang almond, susu, dan ikan.

5. Hindari kebiasaan sistem kebut semalam
Kebiasaan yang satu ini sepertinya tidak hanya dilakukan oleh kamu yang sudah menjadi mahasiswa bukan? Sistem kebut semalam alias SKS sepertinya sudah menjadi kebiasaan yang lumrah, baik saat kita masih duduk dibangku SMP ataupun SMA. Tapi, bila kamu sekarang sadar bahwa kamu adalah seorang mahasiswa ada baiknya bila kebiasaan SKS ini kamu hilangkan. Bila kamu terus menerus membiasakannya itu malah membuatmu menjadi lebih tertekan dan tugas kuliah yang kamu kerjakan hasilnya menjadi tidak maksimal. So, seperti nomor satu di atas. Cobalah untuk membuat jadwal untuk tugasmu, agar kamu bisa menata aktivitasmu!

6. Cobalah untuk merapikan kamarmu
Meski terkesan sepele namun kamar yang berantakan ternyata juga berpengaruh terhadap moodmu lho! Kamar yang berantakan justru akan membuatmu semakin stress. Penyebabnya karena dengan barang-barang yang berserakan dimana-mana itu akan membuat aura negatif dari kamarmu semakin kuat. Saat kamu melihat barang-barang tersebut yang ada kamu bakalan merasa capek, malas, bingung, bosan, dan moodmu menjadi turun. So,rapikan kamarmu ya agar aura positif bisa masuk ke dalam tubuhmu.

7. Jangan kebanyakan bermain smartphone!
Untuk yang ketujuh ini sepertinya cukup sulit terutama buat kamu yang suka dengan media sosial. Meski cuma sekedar smartphone, tapi bila kamu tidak bisa mengatur penggunaannya waktumu akan terbuang dengan percuma. Apalagi kalau kamu lagi kepo sama Instagramnya si doi hehe gak usah ditanya deh pasti kamu bakalan berjam-jam nge stalk IG nya dan membuat tugasmu tidak segera dikerjakan. Cobalah untuk tegas pada dirimu sendiri. Bila kamu membutuhkan smartphone untuk tugas kuliahmu cobalah matikan notifikasi WhatsApp dan aplikasi lain yang sering kamu gunakan, termasuk Instagram. Dengan begitu smartphonemu bisa kamu gunakan dengan bijak dan konsentrasimu tidak akan mudah buyar.

8. Dengarkan lagu-lagu favoritmu!
Tips yang kedelapan ini juga boleh untuk kamu coba. Mendengarkan lagu saat mengerjakan tugas juga bisa meningkatkan mood-mu. Tapi jangan mendengarkan lagu yang galau-galau ya? Itu malah tidak akan membantu. Cobalah mendengarkan lagu-lagu favoritmu yang biasanya kamu suka dengar. Atau kalau kamu bingung ingin mendengarkan lagu yang mana, mungkin lagu “Ruang Sendiri” dari Tulus dan “I’m Yours” dari Burno Mraz bisa membantumu saat mengerjakan tugas.

9. Ngerjain bareng temen
Kalo kamu tipe orang yang harus di suruh lalu bergerak, tips mengatasi tugas kuliah kamu adalah dengan mengerjakan bareng temen. Karena bisa jadi selama ini kamu ogah-ogahan ngerjain tugas karena sendirian dan ngerasa berat banget tuh tugas.
Jadi nggak ada salahnya mengajak teman satu kelas atau satu angkatan buat mengerjakan tugas bersama-sama. Ajaklah teman yang fokus, biar kamu jadi fokus. Kalo kamu salah memilih teman bukannya fokus malah buyar dan tugasmu nggak terselesaikan dengan benar. Karena kamu diajak maen PS atau diajak nonton film.

10. Jangan Menunda-nunda
Yang satu ini emang aga sulit kita hindari dan bahkan sempat menjadi kebiasaan saya, tapi itu dulu. Penyakit yang pertama dan hampir dialami oleh sebagian besar mahasiswa adalah menunda – nunda pekerjaan. Sering kali saya menemukan mahasiswa yang mengerjakan tugas, kalau waktu pengumpulan sudah dekat, padahal tugas yang diberikan sudah lama. Penyakit ini muncul karena rasa malas dari dalam diri. Ataupun faktor lain seperti pekerjaan yang menjadi prioritasnya, ditambah lagi jika seorang mahasiswi yang sudah menikah dan mempunyai anak, alh – alih mengurus rumah tangga, anak dan suami sering menjadi salah satu alasan untuk menghambat kinerjanya dalam menyelsaikan tugasnya. Dan untuk mengatasinya hanya ada satu cara “Paksakan”. Sudah tidak ada nego lagi, Anda harus memaksa diri Anda. Awalnya memang berat, tapi kalau sudah terbiasa Anda akan menikmatinya. Dan kerennya itu bisa menjadi habbit baru yang positif.

Nah teman-teman, bagaimana apakah tips-tips di atas bisa membantumu? Kalau kamu mau nambahin boleh kok. Tinggal tulis aja di kolom komentar ya? Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *