Tips Memilih Bahasa Pemrograman Untuk Pemula

RANTIANG.COM- Bahasa pemograman merupakan sebuah perhimpunan dari aturan sintaks dan semantik yang memberikan instruksi untuk memerintah komputer agar bisa menjalankan fungsi tertentu.

Bagi Kamu yang belum mengenal dan masih bingung memilih bahasa pemrograman apa yang cocok untuk dipelajari pertama kali, berikut tipsnya:

1. Pilih berdasarkan tuntutan Tuntutan bisa berupa pekerjaan, matakuliah bagi yang mahasiswa. Biasanya ini jadi pemilihan dasar Kamu agar bisa berkembang di 1 bahasan.

2. Pilih bahasa yang lagi naik daun Biasanya bahasa pemrograman yang lagi naik daun akan banyak digunakan oleh programmer lain dan banyak perusahaan yang akan merekrut programmer yang bisa menggunakan bahasa pemrograman tersebut.

3. Pilih berdasarkan kebutuhan pasar Kamu perlu riset pasar agar nantinya kamu bisa menentukan bahasa pemrograman apa yang bakal kamu pelajari. Hal itu berguna agar saat Kamu membutuhkan pekerjaan nantinya, Kamu tinggal memilih perusahaan mana yang akan Kamu pilih untuk bekerja disana.

4. Pilih yang banyak tutorial dan komunitasnya Pada saat Kamu kebingungan, kamu akan tertolong nantinya karena sudah banyak solusi yang dicari di tutorial seperti blog, website, video youtube dll. Untuk komunitas, kamu bisa bergabung dan bertanya di komunitas jika ada kendala, komunitas tersebut akan membantu Kamu dalam mencari solusi yang tidak ditemukan di tutorial.

5. Sesuaikan dengan kemampuan Jika bahasa pemrograman yang Kamu pilih sesuai dengan kemampuan Kamu, maka menjadi programmer adalah hal yang membuat Kamu sukses dan bahagia nantinya. Sebaliknya jika bahasa pemrograman yang kamu pilih tidak sesuai dengan kemampuan dan passion Kamu, maka itu akan membuat Kamu semakin tidak ingin menjadi programmer.

Itulah beberapa tips memilih bahasa pemrograman bagi Kamu yang ingin memulai menjadi programmer, semoga bermanfaat.

Sumber gambar : Java developer vector created by jcomp – www.freepik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.