STMIK Indonesia Utus Mahasiswanya dalam Memperingati Hari Pers Nasional Sumatera Barat

RANTIANG.COM- Dalam rangka menyambut hari pers nasional Sumatera Barat tahun 2018 berbagai rentetan kegiatan acara diselenggarakan di Kota Padang. Rabu (07/02/2018) HPN Sumatera Barat menyelenggarakan Forum Literasi Digital Citizenship Untuk Generasi Milenial di Grand Hotel Basko Padang.

STMIK Indonesia Padang mengirim 6 orang mahasiswanya untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut. Dimana perwakilan diambil dari aktivis pers kampus yakni aktivitis LPM Semut Merah.

Forum Literasi Digital Citizenship Untuk Generasi Milenial dihadiri langsung oleh Bapak Menteri Kemkominfo dan jajarannya, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), serta 500 peserta forum yang merupakan perwakilan dari karang taruna, siswa/i, serta mahasiswa/i se Sumatera Barat.

Lagu kebangsaan Indonesia Raya menjadi awal dibukanya acara forum tersebut. Dan secara resmi forum dibuka oleh Bapak Hendri Bangun selaku sekretaris jendral PWI.

Menurut ketua panitia, acara ini diselenggarakan dengan tujuan membangun mentalitas generasi milenial serta memaparkan dan membangun hikmah positif untuk kehidupan bangsa.

Transformasi media karna perkembangan teknologi informasi tentunya akan memberikan perkembangan yang sangat pesat sehingga mempengaruhi budaya, ekonomi, dan sosial politik. Dengan berkembangnya media karena teknologi informasi kita harus pandai dalam mengontrol diri dan memanfaatkan teknologi  dan media tersebut sebagai peluang usaha.

Dengan berkembangnya media tentunya penyebaran berita juga sangat cepat. Setiap orang bisa saja menjadi seorang pemberita/ pemberi informasi dengan akses media yang telah dimilikinya. Tidak tertutup kemungkinan bahwa berita yang tersebar dengan cepat merupakan sebuah berita hoax. Karena berita tersebut langsung di bagikan tanpa adaya proses penyuntingan terlebih dahulu. Dilansir dari forum hari ini saluran penyiaran hoax terbesar adalah sosial media dengan presentase 92,40%. Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik, Rosanita Niken Widiastuti selaku pemateri mengimbau agar peserta forum serta masyarakat untuk mengubah informasi yang negatif menjadi sebuah informasi dengan konten positif.

Dalam forum tersebut juga dibahas mengenai generasi milenial. Dimana generasi milenial diharapkan memiliki pengetahuan, keterampilan, serta etika.

 

Dara Melica

I'm a girl. I have a billion dreams.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *