Semester 6; Hal ini yang Harus Kamu Seriusi

RANTIANG.COM– Masa kuliah? Kalau dipikirkan memang terasa begitu lama, apalagi yang baru semester 1. Namun kalau dilakukan ternyata sudah tak terasa sudah mulai di penghujung topi wisuda. Masa-masa menjalani PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru), masa mencari kos-kosan yang dekat dengan kampus, dan sebagainnya masih teringat jelas dipikiran tentunya.

Tak terasa sudah sampai pada semester 6. Dan berarti tinggal 1 tahun lagi untuk mengenakan baju toga dan memberikan laporan kepada orang tua bahwa kita sudah mampu menyelesaikan studi S1. Pasti harapan teman-teman semua selesai tepat waktu bukan?

Jika iya maka teman-teman sudah harus memikirkan beberapa poin ini di semester 6. Supaya nantinya teman-teman tidak bingung untuk menentukan langkah selanjutnya. Apakah hal yang perlu teman-teman seriusi? Yuk dibaca teman-teman.
1. Segera beresi kuliah teman-teman yang anjlok
Tentunya teman-teman semua ingin lulus dengan predikat IPK yang bagus bukan? Maka semester 6 kamu harus serius dalam menata nilai. Jika nilai akademikmu bagus, maka kamu akan lebih mudah dalam meniti karir kedepannya. Seperti cek transkip nilai, siapa tahu ada nilai yang belom keluar atau nilai yang masih ber-huruf C. Jika memang ada, segera di urus. Coba konsultasikan ke dosen mata kuliah atau dosen PA (Penasehat Akademik). Jika ada mata kuliah yang ber-huruf C, mungkin perlu direncanakan bagaimana akan dilakukan perbaikan, apakah menggunakan kredit bawah atau mengambil semester pendek.

2. Persiapkan diri untuk PKL
PKL (Praktek Kerja Lapangan) harusnya sudah teman-teman pertimbangkan matang-matang. Mau PKL dimana, mau dengan siapa, dan instrumen lainnya perlu di rencanakan. Jika teman-teman merencanakan dengan matang tentang tempat PKL, bisa jadi kamu mengangkat lokasi tempat PKL sebagai bahan membuat skripsi. Bahkan jika kamu PKL di tempat yang di sukai dan kinerja teman-teman bagus di sana, maka teman-teman bisa lanjut untuk terjun kerja disana. Ayo rencanakan PKL dengan sebaik-baiknya.

3. Mulai garap judul skripsi
Semester 6 adalah saat yang pas buat teman-teman mulai mencari bahan dan judul untuk ending dari tugas akhir teman-teman. Jika di semester 6 ini teman-teman sudah mengantongi judul, pasti di semester depan pekerjaan lebih ringan. Tentunya lulus tepat waktu menjadi semakin terbuka lebar. Ayo garap judul skripsi mulai dari sekarang.

4. Manajemen waktu dengan sebaik-baiknya dan fokus
Manfaatkan waktu luang yang dimiliki untuk melakukan hal-hal positif. Seperti mendalami salah satu bidang keahlian dan sebagainya. Dan fokus terhadap tujuan yang sudah direncanakan.

Demikian sedikit tips yang dapat penulis bagikan kepada teman-teman. Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua. Sekian terimakasih.

“Jika kamu tidak mengejar apa yang kamu inginkan, maka kamu tidak akan mendapatkannya. Jika kamu tidak bertanya maka jawabannya adalah tidak. Jika kamu tidak melangkah maju, kamu akan tetap berada di tempat yang sama.” – Nora Roberts

Penulis : Vivanda Prezky P.

Sumber :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *