Salah pilih Jurusan? Berikut Tips Buat Kamu yang Merasa Salah Pilih Jurusan

RANTIANG.COM- Menjadi seorang mahasiswa merupakan jalur impian yang ditempuh sebagian besar orang untuk menggapai cita-citanya. Para siswa dan siswi tamatan sekolah menengah atas akan berbondong-bondong memilih jurusan apa yang akan diambil dalam perkuliahanya nanti.

 

Proses pengambilan jurusan pada setiap orang berbeda-beda. Ada yang memilih jurusan tertentu sesuai keinginanya, ada pula yang terpaksa memilih jurusan tertentu yang disebabkan beberapa faktor seperti ekonomi dan paksaan dari orang tua, bahkan asal pilih jurusan yang penting kuliah.

 

Namun di masa perkuliahan pernahkah kamu merasa salah dalam mengambil jurusan? musibah untuk mahasiswa tingkat akhir yang baru mengetahui bahwa dirinya salah jurusan, tapi untuk mahasiswa yang masih awal atau sudah di pertengahan, berikut tips untuk kamu yang merasa salah jurusan:

 

  1. Banyak bersyukur.

Selalu bersyukur atas apa yang sudah kamu dapatkan, karena banyak sekali orang-orang yang kurang beruntung ingin berada di posisi kamu sekarang.

 

  1. Kurangi TA (Titip Absen)

Perilaku tersebut akan semakin membuat kamu malas kuliah, yang berakibat pada menurunya kepercayaan diri kamu untuk menyelesaikan kuliah.

 

  1. Aktif berorganisasi.

Banyak sekali yang akan kamu dapatkan dalam berorganisasi, ketika timbul perasaan salah dalam memilih jurusan, kamu bisa share masalahmu ke teman-teman organisasi, dan minta mereka untuk membantumu dalam menyelesaikan kesulitan di perkuliahan, seperti belajar bersama.

 

  1. Bertanggung jawab demi orang tua.

Tanamkan dalam diri bahwa orang tua memiliki harapan besar kepadamu agar kamu mampu menyelesaikan study dengan baik dan fikirkan bagaimana usaha mereka untuk menyekolahkanmu.

 

  1. Bertahan atau Pindah.

Keputusan terakhir yang harus kamu pilih adalah tetap bertahan atau pindah. Fikirkan segala kemungkinan yang terjadi akibat keputusan yang sudah kamu ambil.

 

Dengan demikian mulailah berfikir apa yang harus kamu lakukan agar sesuai dengan planning kamu di hari pertama menjadi seorang mahasiswa.

 

 

 

Artikel by: Anggita Sari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *