REVOLUSI ZAMAN TEKNOLOGI

Penulis: Muhammad Oky

Pada era zaman sekarang, semua kebutuhan yang diperlukan manusia sangatlah terbilang sudah instan. Hampir semua yang diinginkan manusia sangat mudah didapat dari yang halal sampai yang haram, dari yang legal dan ilegal. Ojek online contohnya, ini adalah salah satu contoh bentuk perubahan zaman yang sangat baik dan bermanfaat, penumpang tidak lagi mencari tukang ojek di pangkalan dan begitu juga sebaliknya. Sebagian besar masyarakat mencoba mengadu nasib pada profesi tersebut, akan tetapi ada beberapa oknum mengecam akan keberadaannya, salah satunya adalah para ojek pangkalan. Dari survei yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa alasan para ojek pangkalan tersebut tidak bisa pindah ke ojek online dikarnakan SIM yang telah kadaluarsa, kendaraan yang sudah mati pajak, ketidaktahuan akan penggunaan teknologi dan lainnya.

 

Dari kemajuan teknologi tersebut, apakah seluruh masyarakat sudah merasakan dampaknya? memang belum semua masyarakat bisa beradaptasi dengan perkembanagan tersebut, akan tetapi tidak bisa dikatakan bahwa masyarakat tersebut tidak mengerti dengan perkembangan teknologi. Contoh kecil dari seorang kakek tua yang berjualan kacang rebus di persimpangan jalan anggrek, kakek tersebut sudah berjualan kacang dipersimpangan anggrek itu sejak tahun 1985 hingga sekarang, dan alhasil setiap malam kacang rebus kakek itu habis tanpa sisa. Ini membuktikan bahwa tidak semua perkembangan teknologi berpengaruh besar bagi kehidupan dan tidak semua perkembangan teknologi harus diikuti, tapi itu bisa digunakan sebagai jalan alternatif untuk mempermudah aktifitas yang dilakukan masyarakat.

 

Apalagi sebagai seorang mahasiswa dituntut untuk memahami sekaligus memanfaatkan perkembangan teknologi, karena tidak jarang akibat penyalahgunaan teknologi dapat merugikan orang lain bahkan merugikan diri sendiri. Teknologi juga sudah merambah kedalam kehidupan anak-anak dan remaja, oleh karena itu peran orang tua dan keluarga sangat dibutuhkan dalam aktifitas penggunaan teknologi tersebut. Apabila tidak ada pengawasan dari orang tua atau keluarga, anak tersebut akan menerima semua yang dia dapatkan dari teknologi tanpa bisa menyaring mana yang baik dan mana yang buruk. Dampaknya akan sangat buruk bagi dirinya, keluarga dan bangsa, karena dampak tersebut akan bejalan dalam waktu yang panjang.

 

Oleh karna itu, kita harus ikut berperan dalam pencegahan penyalahguaan teknologi dalam masyarakat. Generasi muda sangatlah penting bagi perkembangan zaman, jangan jadikan perkembangan teknologi merusak penerus bangsa dan bijaklah dalam berteknologi.

Dara Melica

I'm a girl. I have a billion dreams.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *