Rekapitulasi Suara Pemilu 2019

RANTIANG.COM- Rabu (17/4/2019), Pemilihan Umum (PEMILU) serentak 2019 telah dilaksanakan. Suara masyarakat yang memiliki hak pilih telah dikumpulkan dan dihitung lewat TPS untuk menentukan masa depan pemimpin dan wakil rakyat Indonesia dalam 5 tahun mendatang

Kita sebagai masyarakat awam tentunya penasaran dengan hasil Pemilu serentak kali ini. Tentunya hasil Pemilu kali ini harus dihitung atau di rekapitulasi terlebih dahulu. Ngomongin soal rekapitulasi, tahukah kamu apa itu rekapitulasi?

Rekapitulasi adalah hasil laporan atau hitungan, yang diterapkan dalam Pemilu 2019 yang akan dijelaskan tata cara serta urutan rekapitulasi itu sendiri.

Rekapitulasi suara dan hasil Pemilu tidak ditentukan dengan cara elektronik. Namun dilakukan dengan cara manual.

Rekapitulasi suara pemilu 2019 secara umum sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017. Dalam UU tersebut, proses rekapitulasi dilaksanakan secara manual berjenjang dari TPS hingga nasional.

Bila kamu telah selesai mencoblos, maka suara kamu akan melalui alur berikut ini dalam rentang waktu 18 April – 22 Mei 2019 sesuai jadwal KPU:

Penghitungan Suara di TPS oleh KPPS (17-18 April 2019)

Setelah pemungutan suara berakhir pada pukul 13.00 waktu setempat, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) langsung menghitung perolehan suara secara terbuka di hadapan saksi, pengawas TPS, pemantau pemilu, dan masyarakat yang hadir.

Urutan penghitungan 5 surat suara adalah capres-cawapres. caleg DPD RI, caleg DPR RI, caleg DPRD Provinsi, dan caleg DPRD Kab/Kota.

Rekapitulasi Suara di Kecamatan oleh PPK (18 April – 4 Mei 2019)

Hasil penghitungan suara di TPS lalu dihitung di tingkat kecamatan. Di Pemilu sebelumnya dan Pilkada, surat suara direkap dari TPS ke desa/kelurahan, namun kini tak ada rekap di desa/kelurahan sehingga langsung ke kecamatan.

Rekapitulasi Suara di KPU Kab/Kota (22 April-7 Mei 2019)

KPU Kab/Kota melakukan prosedur serupa sebagaimana di tingkat kecamatan. Hanya saja, rekapitulasinya mesti dihadiri peserta pemilu dan Bawaslu Kabupaten/Kota.

KPU Kab/Kota lalu membuat dan menyerahkan berita acara dan sertifikat rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara kepada saksi peserta pemilu, PPS, PPK, Bawaslu Kabupaten/Kota, dan KPU Provinsi.

Rekapitulasi Suara di KPU Provinsi (22 April-12 Mei 2019)

Setelah menerima semua dokumen berita acara dan sertifikat rekapitulasi hasil perolehan suara dari KPU Kab/Kota, KPU Provinsi melakukan prosedur serupa sebagaimana di tingkat Kab/Kota. Rekapitulasi harus dihadiri saksi peserta pemilu.

KPU Provinsi lalu membuat dan menyerahkan acara dan sertifikat rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara peserta pemilu kepada saksi peserta pemilu, Bawaslu Provinsi, dan KPU RI.

Rekapitulasi Suara di KPU RI (25 April-22 Mei 2019)

Terakhir, KPU melakukan rekapitulasi penghitungan perolehan suara peserta pemilu secara nasional dalam rapat yang dihadiri saksi peserta pemilu dan Bawaslu. Rekap suara digelar di kantor KPU RI, tidak di hotel sebagaimana ramai dibicarakan.

KPU akan menetapkan rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 secara nasional pada 22 Mei 2019.

Nah tentunya kita sebagai warga negara yang baik sebaiknya menunggu hasil perhitungan atau rekapitulasi resmi dari KPU. Jangan sampai terpecah belah karena isu-isu yang belum tentu kebenarannya. Jadilah masyarakat yang bijak dan cerdas.

Dikutip dari : https://kumparan.com/@kumparannews/memahami-tata-cara-rekapitulasi-suara-pemilu-2019-1qtMXdogUWd