Praktek Kerja Lapangan

RANTIANG.COM- Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa untuk berpartisipasi dengan tugas langsung di Lembaga BUMN, BUMD, Perusahaan Swasta, dan Instansi Pemerintahan setempat. PKL memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengabdikan ilmu-ilmu yang telah diperoleh di kampus. PKL merupakan wujud relevansi antara teori yang didapat selama di perkuliahan dengan praktek yang ditemui baik dalam dunia usaha swasta maupun pemerintah.

PKL dipandang perlu karena melihat pertumbuhan dan perkembangan ekonomi yang cepat berubah. PKL akan menambah kemampuan untuk mengamati, mengkaji serta menilai antara teori dengan kenyataan yang terjadi dilapangan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas managerial mahasiswa dalam mengamati permasalahan dan persoalan, baik dalam bentuk aplikasi teori maupun kenyataan yang sebenarnya.

PKL yang saya lakukan pada sebuah perusahaan tepatnya PT. PLN (Persero) ULP Koto Tuo. Lama PKL yang saya lakukan yaitu satu bulan terhitung dari tanggal 1 Juli 2019 sampai dengan 30 Juli 2019. Pada waktu saya menjalani PKL banyak pengalaman yang didapat, diantaranya pengalaman kerja, pengalaman membangun tim, pengalaman mengambil keputusan, pengalaman dunia kerja dan lingkungan sebenarnya. Nah, apa saja hal-hal yang dilakukan selama PKL:

Hal yang dilakukan selama Praktek Kerja Lapangan (PKL)

  1. Membantu pekerjaan pada sub bagian
  2. Mengimplementasikan jurusan pada sub bagian PKL
  3. Membantu memberikan solusi terhadap penggunaan teknologi
  4. Membuat program, laporan dan juga menjelaskan mengenai fungsi dan manfaat penggunaan teknologi

Praktek Kerja Lapangan (PKL) Program Studi Sistem Informasi

Secara umum program studi Sistem Informasi yaitu bagaimana memanfaatkan penggunaan teknologi dalam sebuah pekerjaan agar lebih praktis, efektif dan efisien. Untuk hal-hal yang dikerjakan pada sebuah perusahaan bisa berbeda-beda tergantung tempat PKL kita berada. Nah, untuk itu yang penting dan perlu dilakukan ialah harus menjaga nama baik kampus atau perguruan tinggi saat melakukan PKL di lapangan.

Cara Melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL)

Untuk memulai PKL beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

  1. Menghubungi pihak perusahaan, dimana tempat kita akan melakukan PKL tujuannya adalah untuk memastikan apakah perusahaan tersebut benar-benar mau menerima kita sebgai mahasiswa untuk PKL di perusahaan mereka.
  2. Membuat surat PKL dari kampus. Jika tempat PKL sudah ditentukan dan mereka mau menerima kita sebagai mahasiswa PKL. Langkah selanjutnya yaitu mebuat surat pengantar untuk perusahaan yang dibuat oleh pihak kampus. Tujuan dari surat ini adalah agar PKL yang kita lakukan adalah PKL resmi dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dikemudian hari.
  3. Pilihlah bagian atau tempat PKL. Setelah kita diperbolehkan untuk melakukan PKL. Hal lain yang perlu ditentukan adalah dimana posisi anda melakukan PKL. Misalnya pada PT. PLN (Persero) ULP Koto Tuo saya berada dibagian transaksi energi.
  4. Menunggu surat balasan dari perusahaan. Tujuannya adalah untuk memastikan secara resmi perusahaan telah menerima kita untuk melakukan PKL. Tanpa surat resmi ini kita akan dianggap ilegal. Namun sebenarnya untuk hal ini tergantung dari masing-masing setiap pihak kampus, bisa mewajibkan atau juga tidak.
  5. Merancang aplikasi atau program. Biasanya pada saat melakukan PKL bagi program studi Sistem Informasi adalah membuat analisa program atau bahkan merancang program untuk membantu perusahaan. Untuk pembuatan program ini tidak semua mahasiswa melakukannya.
  6. Membuat laporan. Laporan PKL adalah susunan dari setiap bab, mulai dari BABI. BAB II, BAB III, BAB IV. BAB V, dan juga BAB VI. Isi dari laporan PKL adalah mendefenisikan sebuah perusahaan di tempat PKL. Dimana kita ditempatkan bekerja dan juga pengembangan aplikasi pada bagian tempat kita PKL.

Oke, sedikit curhatan saya tentang pengalaman Praktek Kerja Lapangan (PKL). Semoga dapat bermanfaat dan membantu anda mengerjakan PKL tepat waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *