PERBEDAAN CHIPSET DAN RAM

RANTIANG.COM- Chipset (SoC) merupakan “otak” dari sebuah smartphone. Artinya, semakin tangguh chipset, maka ponsel juga akan semakin “pintar” dan gesit memproses berbagai hal, mulai dari pengoperasian antarmuka (UI), aplikasi, gambar, video, kamera, dan masih banyak lagi. Untuk menopang performa ponsel, chipset atau SoC sendiri terdiri dari berbagai komponen chip lain, seperti prosesor (CPU), pengolah grafis (GPU), penunjang kinerja AI (NPU), dan lain sebagainya. CPU biasanya menjadi satu hal yang dipamerkan vendor smartphone, di mana kemampuannya akan ditampilkan dalam angka clock speed. Biasanya, semakin tinggi angka clock speed, maka performa smartphone secara keseluruhan akan semakin mumpuni.


RAM (Random Access Memory) perangkat dalam sebuah komputer atau gadget yang dapat mengakses memory secara acak dengan cepat. RAM tersebut berfungsi untuk membaca data dari aplikasi yang sedang terbuka atau berjalan. Semakin banyak program atau aplikasi yang terbuka maka semakin kecil RAM yang digunakan. Dalam sebuah laptop atau gadget RAM merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk menjadi memori penyimpanan sementara dalam sebuah program yang berjalan. Tanpa RAM maka program atau aplikasi juga tidak dapat berjalan.

Jadi perbedaannya adalah
chipset adalah otak dari sebuah gadget ataupun PC yang dapat mempengaruhi kinerja dari gadget ataupun PC. semakin tinggi chipset yang di gunakan semakin cepat kinerja gadget dan pc tersebut. Sedangkan RAM adalah sebuah perangkat di dalam gadget ataupun PC yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara dan hanya bekerja saat perangkat tersebut hidup atau beroperasi. Kapasitas RAM di dalam suatu perangkat sangat berpengaruh pada tingkat kecepatan proses data di perangkat tersebut.

sumber: https://diskominfo.kuburayakab.go.id/read/5/apa-itu-ram-ketahui-jenis-dan-fungsinya-yuk

Sumber foto: kompasiana.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.