Perbedaan Adobe Photoshop CS dengan Adobe Photoshop CC

RANTIANG.COM– Orang sering mendengar software yang cocok untuk pengeditan foto atau gambar yaitu Adobe Photoshop. Adobe Photoshop sendiri banyak digunakan karena lebih banyak fitur-fitur yang lengkap sehingga dalam proses pengeditan, pengguna dapat berkreasi tanpa batas dalam berkarya. Perlu diketahui Adobe Photoshop terbagi menjadi versi, yaitu Adobe Photoshop CS dan Adobe Photoshop CC. Lalu apa saja perbedaan dari kedua versi tersebut, mari simak ulasan berikut ini :

  1. Perilisan
    Adobe Photoshop CS lebih dulu di rilis pada 01-09-2003 dan penstabilan rilisnya pada 07-05-2007. Sedangkan untuk Adobe Photoshop CC di rilis pada 17-06-2013 dan penstabilan rilisnya yaitu satu hari setelah di rilis.
  2. Penyimpanan Data
    Dalam masalah pertukaran data, Adobe Photoshop CS memakan waktu yang lumayan lama. Karena dalam pertukaran data dibutuhkan yang namanya Flashdisk, Harddisk external, atau E-mail. Kurang praktis dalam pekerjaan dan dapat memenuhi penyimpanan memori perangkat.
    Untuk Adobe Photoshop CC, telah menyediakan media penyimpanan hingga 20GB pada cloud storage. Pengguna dapat mengakses data kapan saja dan dimana saja, serta bisa mengkolaborasikan dengan rekan kerja dalam melakukan pekerjaan. Syaratnya hanya satu, yaitu akses internet harus memadai.
  3. Upgrade
    Adobe Photoshop CS masih menggunakan instalasi secara manual. Yang artinya setiap komputer pengguna haruslah terpasang aplikasi yang akan dipakai.
    Sedangkan Adobe Photoshop CC mempunyai keunggulan yaitu pengguna tidak mengharuskan aplikasi terinstal di setiap komputernya. Si pengguna sebagai pemegang lisensi cukup masuk ke halaman Adobe Console.
  4. Lisensi
    Adobe Photoshop CS memiliki satu lisensi seumur hidup yang harus dibeli di muka. Itu artinya ketika pengguna telah membeli produk adobe tersebut, maka lisensi di miliki seumur hidup dengan maksimal 2 komputer. Contohnya untuk laptop dan komputer kantor.
    Pada Adobe Photoshop CC sistem yang ditawarkan yaitu berupa sewa, yang artinya tidak mendapatkan hak kepemilikan secara permanen/selamanya. Ada jangka waktu yang membatasinya. Contohnya yaitu selama 6 bulan atau 1 tahun. Jika softwarenya tidak bisa di pakai lagi, artinya masa lisensi pengguna sudah habis.

Itulah perbedaan produk Adobe Photoshop versi CS dan CC. Jika kamu berniat memiliki software tersebut, lebih disarankan untuk kamu memilih versi CC. Karena versi CC program dan fiturnya sudah banyak dan lengkap, kamu dapat belajar di youtube cara mengunakan software tersebut karena banyak para youtuber yang membuat tutorial cara penggunaan yang versi CC-nya dan kamu dapat berkreasi seperti yang kamu inginkan.

Jika ada saran dan kritikan, kamu dapat menulisnya di kolom komentar. Terimakasih.

Penulis : Syaifal Illahi

Satu tanggapan untuk “Perbedaan Adobe Photoshop CS dengan Adobe Photoshop CC

  • 12 Mei 2019 pada 3:12 PM
    Permalink

    Pasal 30 Undang-Undang ITE Tahun 2008 ayat 3:

    Setiap orang yang sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses komputer dan atau sistem elektronik dengan cara apapun dengan melanggar, menerobos, melampaui, atau menjebol sistem pengaman (cracking, hacking, illegal access). Dipidana dengan pidana penjara paling lama 8(delapan) dan atau denda paling banyak Rp.800.000.000,00 (delapan ratus juta rupiah).

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *