Penyebab simalas

RANTIANG.COM– Malas adalah suatu perasaan dimana seseorang enggan untuk melakukan sesuatu karena segan, tidak suka dan tidak adanya keinginan. Siapa pun yang dihinggapi rasa malas akan kacau kinerjanya dan ini jelas akan sangat merugikan. Rasa malas juga menggambarkan hilangnya motivasi seseorang untuk melakukan pekerjaan atau apa yang sesungguhnya dia inginkan.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab rasa malas datang pada kita. Dan salah satu tips mengatasi rasa malas yang berlebihan adalah dengan mengetahui terlebih dahulu penyebab rasa dari rasa malas tersebut. Setelah mengetahui penyebabnya baru kita bisa mengeksekusinya satu persatu. Apa saja penyebabnya? Yuk baca dulu.

1. karena terbiasa dan menikmatinya
Terbiasa bermalasanlah maka diri kita ini menjadi semakin malas dan malah terasa menikmatinya. Kamu merasa kebiasaan malas kamu telah menjadi sesuatu yang wajar. Padahal malas adalah suatu kebiasaan buruk yang tidak boleh dibiarkan karena bisa menurunkan kualitas hidup seseorang dan membuat kita menjadi tidak memiliki semangat dalam hidup. Hidup juga menjadi berantakan tak terarah.

2. Tidak ada tujuan hidup yang jelas
Orang yang kebanyakan malas dalam hidupnya biasanya ia tidak memiliki tujuan hidup yang jelas. Ia hanya berpikir untuk menjalani hidup saja tanpa memiliki target yang ingin dicapainya. Sehingga ia hanya akan menjalani hidup apa adanya sesuai jalan yang ia tempuh sekarang. Itulah yang menyebabkan rasa malas dalam diri sendiri.

3. kurang motivasi
Dalam hidup ini kita juga membutuhkan motivasi agar lebih semangat dalam menjalaninya. Cara memotivasi diri itu banyak sekali, ada yang datang dari dalam diri, orang tua, keluarga, teman, sahabat, pasangan hidup dan juga bisa dari lingkungan. Tapi jika kita hidup namun tidak bisa memotivasi diri sendiri maka diri ini akan kebanyakan malasnya karena tidak ada yang diharapkan dan diinginkan. Cobalah motivasi dirimu!!!

4. Tidak disiplin dalam hidup
Tidak disiplin bisa menjadi penyebab rasa malas datang padamu. Seperti, jika kamu tidak disiplin dan melewatkan jam tidur begitu saja hingga tidur kemalaman, maka di pagi hari kamu akan bangun dengan rasa kantuk yang membuat diri kamu menjadi tidak fit dan tidak semangat dalam memulai aktivitas. Itulah yang membuat rasa malas bisa menyerang kamu. Oleh karena itu mulai lah untuk disiplin dengan waktu untuk mengatur kehidupanmu agar lebih baik.

5. Terlalu pasrah dalam hidup
Sikap pasrah juga tidak terlalu bagus untuk diri sendiri. Kenapa? Kalau selalu pasrah dalam menjalani hidup berarti nggak ada usaha sama sekali dong? Sehingga mendorong diri kita untuk menjadi malas karena setiap kali ada kendala yang membutuhkan sedikit usaha dari kita, kitanya malah memilih untuk pasrah aja. Jadi

6. Kurangnya kesadaran diri
Mungkin kita menjadi malas karena kita kurang sadar dengan siapa diri kita, apa mau kita dan apa kewajiban kita saat ini. Akan tetapi jika kita tahu siapa diri kita ini dan tahu apa yang kita mau dan sadar dengan kewajiban kita tentu kita akan tergerak untuk melakukan apa yang seharusnya kita lakukan. Maka tingkatkanlah kesadaran diri mulai dari hal kecil seperti, sadar atas tanggungjawab yang sedang diemban dan sebagainya.

7. Ketertarikan berlebihan terhadap sesuatu
Ketertarikan berlebihan terhadap sesuatu atau bahasa kerennya itu candu. Saking tertariknya atau candu terhadap sesuatu kita bisa menjadi malas untuk melakukan kegiatan lain seperti kecanduan menonton film, bermain game dan gadget, kecanduan komik dan hal lainnya yang membuat diri kita sulit untuk meninggalkan kegiatan tersebut sehingga malas untuk melakukan hal-hal lain jika tidak mendesak.

itulah beberapa penyebab malas yang dapat penulis share kepada pembaca. Gimana teman-teman??? Setelah teman-teman mengetahui penyebab malas, maka teman-teman harus mencari cara untuk mengatasinya. semoga bermanfaat dan semangat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *