Pemanfaatan EZ proxy Untuk Mengakses Jurnal Internasional

RANTIANG.COM-08/09/2018

Manfaat yang paling utama dari remote access adalah sharing resource dari jarak jauh. Melalui alamat url: http://remote-lib.ui.ac.id yang ditautkan dengan menggunakan teknologi Ezproxy, sehingga mahasiswa dapat mengakses jurnal elektronik dimana saja dan kapan saja hanya dengan melakukan log-in melalui Single Sign On.

Resource dalam Remote Lib UI (http://remote-lib.ui.ac.id) adalah jurnal elektronik yang terdiri dari Emerald Insight, American Chemical Society, ebrary, American Institute of Physics, SpringerLink, Alexander Street Press, American Library Association (ALA) – Ebooks, American Physical Society (APS), American Society of Civil Engineering (ASCE), American Society of Mechanical Engineers (ASME), Annual reviews, EBSCOhost, ClinicalKey, JSTOR, LexisNexis, ProQuest, Royal Society of Chemistry, ScienceDirect, Scopus, IEEE Communication Society, IEEE Xplore, IEEE Communication Society, IEEE Computer Society, RefWorks, Kluwer Arbitration, Micromedex, Annual Reviews, American Chemical Society, Royal Society of Chemistry, ACM Digital Library, Sage Publications.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa persepsi penggunaan database berlangganan berbasis web tegantung pada utilitas yang mereka tawarkan. Pelatihan pengguna (user training) tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemudahan penggunaan. Aksesibilitas menjadi penentu penting untuk kemudahan penggunaan database.Single Sign-on adalah sebuah mekanisme yang memungkinkan informan mengakses berbagai layanan hanya dengan sekali mengauthentikasikan diri. Ketika Informan akan memanfaatkan remote access Lib UI (http://remote-lib.ui.ac.id), mereka terlebih dahulu login SSO dengan memasukkan username dan password, yang terpusat dan hanya satu akun yang tertuang dalam semua informan dalam penelitian ini tidak mempunyai masalah dengan akun SSO. Apabila masa berlaku SSO sudah habis, mereka akan melakukan perpanjangan akun. Kemudahan mengakses terutama dalam penggunaan satu password menjadi pendorong informan untuk memanfaatkan jurnal elektronik melalui (http://remote-lib.ui.ac.id). Sebagaimana yang diuangkapkan Rusch-feja dan Siebeky (1999).

Nah jadi gitu manfaat EZ proxy untuk mahasiswa, dosen maupun yang lainnya , semoga bermanfaat 😊

Artikel oleh Nursanti

Dara Melica

I'm a girl. I have a billion dreams.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *