Outbond: Menyenangkan atau Menyulitkan?

RANTIANG.COM- Outbond atau Mancakrida adalah bentuk pembelajaran perilaku kepemimpinan dan manajemen di alam terbuka dengan pendekatan yang unik dan sederhana tetapi efektif karena pelatihan ini tidak sarat dengan teori-teori melainkan langsung diterapkan pada elemen-elemen yang mendasar yang bersifat sehari-hari seperti saling percaya, saling memperhatikan serta sikap proaktif dan komunikatif. Suasana alam yang asri sebagai objek pendidikan bisa menjadi laboratorium sesungguhnya dan tempat bermain yang mengasyikan dengan berbagai metodenya (Wikipedia).

 

Tujuan outbond :

1. Team building : bentuk dari peningkatan hubungan kerjasama, solid, sinergi dan kekompakan tim.

2. Team work : bentuk kerjasama tim untuk mencapai tujuan bersama.

3. Komunikasi : suatu proses dan tata cara menyampaikan inforrmasi yang tepat kepada seseorang maupun kelompok.

4. Leadership : kekuatan proses dalam mempengaruhi seseorang atau kelompok untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

5. Konsentrasi : proses peningkatan daya fokus dan daya ingat pikiran seseorang terhadap sesuatu.

6. Kreativitas : proses peningkatan suatu daya cipta atau ide baru untuk dikembangkan.

7. Meningkatkan kepercayaan diri dan keberanian mengambil resiko “Risk Taking Behavior”

8. Mampu melakukan penilaian pada diri sendiri “Self Assessment” bahwa kekuatan diri ada pada tangan kita sendiri dan pilihan-pilihan kita.

 

Manfaat outbond :

1. Melepas penat atau kejenuhan terhadap rutinitas sehari-hari

2. Menjalin silahturahmi

3. Lebih mengenal lingkungan

4. Membangun kepercayaan diri

5. Mendapatkan pengetahuan baru yang diselipkan dalam permainan outbond.

 

Jenis-jenis outbond :

1. Outnond Soft Skills

Outbond soft skill merupakan permaian outbond yang dilakukan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan personal dan interpersonal seseorang. Outbond untuk melatih soft skill biasanya tidak banyak menggunakan permainan yang membutuhkan kekuatan fisik, melainkan lebih pada penggunaan pikiran dan keyakinan dari dalam diri untuk dapat melalui rintangan dan tantangan yang diberikan pada saat melakukan permainan.

2. Outbond Hard Skills

Outbond hard skill merupakan outbond yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan teknis atau penguasaan pada bidang tertentu. Outbond ini berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk dapat menyelesaikan permainan sesuai dengan kecepatan dan ketangkasan dalam menyelesaiikan permainan tersebut. Jenis outbond ini banyak membutuhan kekuatan fisik dan kerjasama kelompok. Selain mampu menumbuhkan kerjasama , outbond hard skill mampu melatih kecepatan kita dalam melalui serangkaian rintangan dan tantangan.

 

Nah berdasarkan tujuan dan manfaat diatas, apakah teman-teman masih ragu untuk mengikuti outbond? Apalagi outbond nya di alam terbuka, pastinya lebih menyenangkan sekaligus bisa merileksasikan otak yang tiap harinya bekerja untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliah atau pekerjaan lainnya. Dengan mengikuti outbond kita lebih mengenal orang-orang yang baru kita jumpai dalam suatu organisasi atau komunitas, sehingga kedepannya kita tidak canggung lagi dalam berkomunikasi.

 

Jadi itulah sedikit informasi mengenai outbond yang selama ini kurang kita pahami pengertian, tujuan dan manfaat outbond itu sendiri. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *