Nagari Tuo Pariangan Sumatera Barat

RANTIANG.COM- Nagari Pariangan merupakan nagari di kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Dikutip dari tribuntravel.com Nagari Pariangan yang juga disebut dengan Nagari Tuo Pariangan terletak di lereng Gunung Marapi, gunung berapi yang statusnya masih aktif hingga sekarang.

Masyarakat setempat percaya, kebudayaan Minangkabau lahir di Nagari Pariangan, dilihat dari adanya peninggalan sejarah berupa prasasti, menhir, batu tigo luak, dan lainnya.

Mengutip laman bobo.grid.id, Nagari Pariangan dipilih menjadi desa terindah di dunia. Hal ini di dukung dari beberapa aspek diantaranya yaitu:

Nagari pariangan  masih mempertahankan adat istiadat sumatera barat  pada saat ini.

Alam yang indah dan udara yang menyejukan merupakan salah satu keindahan di nagari pariangan.

Peninggalan sejarah-sejarah yang masih ada, masih di rawat dengan rapih oleh warga sekitar,contohnya kuburan terpanjang masih di rawat dengan bersih oleh warga sekitar.

Gambar 01. kuburan terpanjang

Dan wisata pemandian air panasnya masih dirawat dengan bersih sehingga pengunjung dapat menikmati dengan nyaman.

Di nagari ini juga berdiri sebuah masjid yang diberi mana masjid Ishlah. Dimana masjid ini merupakan salah satu masjid tertua tua Minang Kabau, biarpun usia masjid ini sudah ratusan tahun, namun masih berdiri kokoh.

Gambar 02. Masjid ishlah Pariangan

Selain itu juga ada tempat wisata yaitu air terjun, atau warga sekitar menyebutnya aia turun. Aia turun ini terletak di lereng gunung merapi, dengan akses jalan yang bisa dilalui oleh kendaraan roda dua. Tidak hanya itu aia turun juga menyuguhkan pemandangan wilayah tanah datar bahkan danau singkarak dari ketinggian. Apabila cuaca sedang cerah dan tidak berkabut pemandangan akan terlihat sangat jelas.

Tidak heran kenapa Pariangan dinobatkan sebagai sala satu desa terindah di dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *