Mengenal RTIK Komisariat STMIK Indonesia Padang

RANTIANG.COM– Saat membaca kata atau saat seorang menyebutkan kata “relawan” apa sih yang terpikirkan olehmu? tentunya kita akan berpikir tentang orang yang suka berbagi kebaikan berupa harta, pikiran, tenaga, dan waktu. Kita juga berpikir bahwa relawan adalah orang yang memiliki jiwa ikhlas dalam berbagi, baik itu berbagi materil maupun moril.

Untuk menjadi seorang relawan bukanlah suatu hal yang mudah. Karena seorang relawan harus memiliki jiwa yang besar dalam berbagi. Serta seorang relawan haruslah mempunyai semangat dan jiwa sukarelawan. Konstribusi relawan sangat besar untuk masyarakat. Relawan ada diseluruh segi kehidupan, tak terkecuali dalam dunia teknologi. Relawan teknologi adalah mereka yang ikhlas berbagi ilmu serta pengetahuan dibidang teknologi.

Di Indonesia, salah  satu relawan yang bergerak dibidang  teknologi adalah organisasi independen yang bernama RTIK (Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi) yang bergerak dibawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informasi (KEMKOMINFO). RTIK Indonesia didirikan pada 04 Juli 2011. Saat sekarang ini, Relawan TIK telah tersebar diseluruh wilayah Indonesia.

STMIK Indonesia Padang sebagai salah satu perguruan tinggi yang mengembangkan teknologi informasi, tentunya mempunyai mahasiswa yang cakap dalam hal teknologi informasi itu sendiri. Pada tahun 2013 didirikanlah RTIK Komisariat STMIK Indonesia Padang.

Saat ini (2017) RTIK Komisariat STMIK Indonesia telah mengalami sebanyak 3 kali pergantian kepengurusan. Pada kepengurusan ke-3 ini RTIK Komisariat STMIK Indonesia Padang diketuai oleh Muhammad Arsyad, serta diwakili oleh Muhammad Rahim dengan 42 orang anggota. Pada periode 2016-2018, RTIK Komisariat STMIK Indonesia Padang dalam satu tahun terakhir telah melaksanakan 5 kali pengabdian, yang diantaranya sebagai berikut:

  1. Pengabdian di SMA Negeri 4 Bukittinggi dengan tema “Optimalisasi Bahasa Pemograman Pascal”
  2. Pengabdian di SMA Negeri 16 Padang dengan tema “Workshop Instalasi Laptop”
  3. Pengabdian di SMP Negeri 02 Sungai Geringging, Pariaman dengan tema “Meningkatkan Pengetahuan dan Pendidikan dalam Bidang IT di Era MEA”
  4. Pengabdian di SMK Negeri 9 Padang dengan tema “Pengenalan Editing Video dan Musik”
  5. Pengabdian masyarakat Lubuk Alung dengan tema “Meningkatkan Pengetahuan dan Pendidikan dalam Bidang IT serta Stop Cyber Bullying Bersama Lentera Maya”.

RTIK Komisariat STMIK Indonesia Padang telah berdiri di STMIK Indonesia Padang selama 4 tahun lamanya. Walaupun RTIK Komisariat STMIK Indonesia masih muda, tetapi perjuangan mereka sangatlah luar biasa. Semoga Relawan TIK ini dapat membantu masyarakat dalam mengenal dan mengetahui tentang teknologi. Serta dapat mencerdaskan anak bangsa. Sehingga Indonesia tidak lagi menjadi negara yang primitif akan perkembangan teknologi.

Artikel ini ditulis untuk ikut serta dalam lomba penulisan artikel yang diadakan oleh RTIK Komisariat STMIK Indonesia Padang dalam rangka perayaan anniversary nya yang ke-4 tahun dan akan diselenggarakan pada tanggal 16 Desember mendatang.

Salam relawan

Salam teknologi

 Penulis: Dara Melica, Mahasiswa semester 3 Sistem Infomasi.

 

Sumber:

Foto dari RTIK Komsat STMIK Indonesia Padang

Wawancara dengan salah satu anggota RTIK Komsat STMIK Indonesia Padang

 

 

 

 

 

Dara Melica

I'm a girl. I have a billion dreams.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *