Memotivasi Diri Sendiri; Gimana Caranya?

RANTIANG.COM- Memotivasi diri sendiri adalah cara terbaik untuk menghadapi hambatan dalam hidup dan motivasi tidak selalu harus berasal dari orang lain. Anda bisa memotivasi diri anda sendiri. Sebab, akan ada fase dalam kehidupan anda dimana anda akan menemukan diri anda terjebak dan tidak bisa menghindari situasi yang tidak mengenakkan.

Nah, berikut ini ada beberapa cara atau tips untuk memotivasi diri sendiri dan menguatkan mental anda. Sehingga ketika masalah datang pada anda, anda bisa mengatasinya dengan tenang.
1. Tidak membandingkan diri anda dengan orang lain
Alih-alih membandingkan diri dengan orang lain, anda seharusnya lebih berfokus pada pencapaian anda. Setiap orang memiliki jalan berbeda dalam menempuh apa yang mereka cita-citakan. Maka, anda harus menjadi lebih baik dari hari ke hari, sehingga anda selalu termotivasi untuk menantang kemampuan anda.

2. Menghargai tindakan yang telah anda ambil
Setiap kali anda melakukan sesuatu yang baik, seperti menyelesaikan tugas tepat waktu, hargailah pencapaian itu. Perlu diingat bahwa menghargai diri sendiri adalah cara terbaik untuk memotivasi diri anda.

3. Fokuskan Perhatian
Buatlah slogan yang memotivasi anda dan pasang di dinding kamar, di ruang kerja, di halaman desktop komputer dan HP anda. Hal ini akan mengingatkan anda untuk selalu memfokuskan perhatian pada pencapaian yang anda inginkan.

4. Pahami bahwa setiap orang memiliki masalah dan tantangan
Jika anda memiliki masalah dan tantangan yang berat. Percayalah, orang lain juga memiliki masalah dan tantangan. Kesuksesan bisa dicapai orang lain karena ia mau menghadapi masalah dan tantangan.

5. Perluas wawasan
Buat diri anda terinspirasi oleh dunia yang tak terbatas ini. Banyak membaca, kursus, bergaul, mengikuti seminar, berdiskusi, bergabung dalam komunitas, dan aktivitas lainnya yang menambah wawasan akan membantu anda memotivasi diri.

6. Belajar dari pengalaman
Pengalaman merupakan guru terbaik. Kalimat ini mengandung makna yang mendalam, bahwa dalam hidup ini dibutuhkan bekal pengalaman agar dapat dijalani dengan baik. Sehingga kesalahan yang pernah dilakukan tidak terulang kedua kalinya. Dalam artian terjerumus ke dalam lubang yang sama. Pengalaman orang lain juga bisa jadi motivasi untuk diri kita karena dari pengalaman mereka kita mengetahui bagaimana dia memulai sesuatu, menyelesaikan masalah yang datang, hingga dia berhasil mencapai apa yang dia targetkan. Dan membuat kita merasa termotivasi untuk mencapai apa yang ingin kita capai.

7. Buat alasan
Tanyakan pada diri anda mengapa anda menginginkan mencapai sesuatu? Jika anda tidak punya alasan yang kuat untuk mencapai sesuatu, anda tidak akan punya motivasi yang cukup.

8. Buat perencanaan
Buatlah tahapan untuk menuju kesuksesan. Setiap anda dapat menyelesaikan sebuah target jangka pendek, anda akan lebih siap dan fokus untuk mencapai target berikutnya. Banyak orang yang tidak berani menerima tantangan untuk maju karena mereka sejak awal sudah mengumpulkan sejumlah tantangan yang harus dihadapi.

9. Praktek adalah pembelajaran yang sebenarnya
Keberhasilan merupakan gabungan antara upaya dan keinginan. Tantangan sebenarnya akan anda hadapi pada saat anda melakukan sesuatu. Bisa jadi apa yang anda takutkan sejak awal justru tidak terjadi, dan apa yang anda anggap mudah justru sulit dipraktekkan. Intinya, jika anda tidak mencoba, anda tidak akan belajar.

10. Tetap mengejar cita-cita
Anda harus terus-menerus menantang diri anda, sehingga anda tetap termotivasi dalam menjalani kehidupan anda. Jika anda telah berhasil mencapai salah satu impian anda, jangan berhenti bermimpi. Capailah hal lain yang belum pernah anda raih sebelumnya. Dengan begitu, anda akan tetap termotivasi dalam segala hal dalam hidup anda.

Itulah beberapa tips atau cara yang dapat penulis share kepada teman-teman. Semoga bermanfaat. Mungkin ada tambahan dari teman-teman ? bisa ditambahkan dikolom komentar.

Sumber :
https://suryahusadha.com/en/view-content/articles/10-tips-to-motivate-yourself.aspx
https://www.merdeka.com/gaya/5-cara-ampuh-memotivasi-diri-sendiri.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *