Manajemen Waktu

RANTIANG.COM– Manajemen waktu adalah bagaimana cara kita mengatur dan membagi waktu dengan sebaik mungkin. Menjadi seorang mahasiswa, membagi waktu antara belajar, kuliah, berorganisasi, bekerja ataupun waktu bermain sangatlah sulit. Banyak orang mengganggap waktu itu hanyalah hal yang sepele, tetapi kenyataannya waktu itu sangatlah berharga. Ketika kita mulai mengabaikan waktu, bisa saja waktu itu yang akan menjerumuskan seseorang kepada hal-hal yang tidak bermanfaat.

Mahasiwa kebanyakan belum bisa memanajemen waktu, dikarenakan kebiasaan yang masih terbawa pada masa SMA dulu. Manajemen waktu memang sulit untuk diterapkan dalam keseharian kita. Dalam manajemen waktu seseorang dilihat dari waktu bangun hingga tidur lagi.

Manajemen waktu yang baik adalah orang yang mampu mengatur jadwal kegiatannya dari semula bangun hingga tidur lagi dengan sebaik mungkin. Dari beberapa mahasiswa yang didapat informasinya bahwa manjemen waktu itu sangatlah sulit dikarenakan semua kegiatan yang telah disusun terkadang melebihi yang direncanakan atau sebaliknya.

Seorang mahasiswa harus pandai-pandai dalam mengatur waktu. Berikut adalah 6 kesalahan sepele dalam manajemen waktu:
1. Terlalu banyak kegiatan
2. Tidak menuliskan target
3. Sulit menolak gangguan
4. Malas bangun lebih awal
5. Bekerja secara multitasking
6. Tidak memberi jeda

Contoh nya di kampus STMIK INDONESIA PADANG minat berorganisasi sangatlah minim dikarenakan mereka berfikir akan menggangu waktu kuliah mereka. Padahal sebenarnya dalam berorganisasi merupakan salah satu cara kita melatih untuk dapat memanajemen waktu.

Berikut adalah cara sukses dalam memanajemen waktu:
1. Selesaikan pekerjaan yang paling penting terlebih dahulu
2. Fokus pada target atau pekerjaan
3. Jangan membuang-buang waktu
4. Jangan terlalu terpaku pada jadwal tugas
5. Buat semua lebih terorganisir
6. Berkomitmen
7. Menghilangkan pikiran negatif

 

 

Penulis : Elpina Sari Dewi

 

Sumber :
https://www.cermati.com

beritagar.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *