Manajemen Waktu Ala Mahasiswa

Manajamen waktu adalah hal yang paling penting karena kebanyakan orang-orang sukses adalah orang yang mampu memanajemen dirinya dari hal yang paling dasar yaitu memanajemen waktu.Banyak pendapat yang mengatakan bahwa orang yang sukses adalah orang yang bangun ketika semua orang masih tidur, duduk ketika orang lain baru bangun, berjalan ketika orang lain baru duduk dan sukses ketika orang lain baru berusaha.

Banyak cara sebenarnya dalam meraih kesuksesan,para mahasiswa pasti memiliki cara-cara tersendir, mereka juga bisa sharing-sharing atau membagi cara maupun tips mengatur waktu tersebut kepada banyak orang, tetapi ia juga tidak bisa memaksa mereka untuk meniru cara-cara mereka yang telah sukses.Namun dengan cara-cara tersebut setidaknya bisa dijadikan aturan oleh mereka-mereka yang masih belum punya rencana.

Jika ditinjau lebih dalam sebagai mahasiswa,jam kuliah mereka bisa bervariasi mulai dari pagi hingga sampai waktu maghrib.Belum lagi organisasi yang mereka ikuti untuk menambah pengalaman mereka.Ditambah lagi bagi mahasiswa yang kuliah sambil kerja.Benar-benar mereka harus mampu memanage waktu mereka.

Pahamilah dirimu,kamu hanya punya 24 jam sehari kamu tidak akan bisa melakukan 24 aktivitas dalam satu hari.Maka putuskanlah dengan bijak, aktivitas mana yang hendak kamu pilih yang nantinya akan lebih bermanfaat untuk kedepannya.Berikut cara-cara yang harus kamu lakukan sebagai mahasiswa dalam memange waktu :

  • Jadwal

Membuat jadwal merupakan hal yang utama dilakukan sebelum melakukan aktivitas.Tujuannya agar hal-hal yang harus dilakukan terencana dan terlaksana.Agar tidak ada agenda yang terlewat ataupun melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak penting dan tidak perlu untuk dilakukan.

  • Pembagian waktu yang wajar

Dalam menetapkan jadwal kita harus mencantumkan waktu pelaksanaannya.Jadi dalam menetapkan waktu harus berdasarkan rasional dan realistis.

  • Prioritaskan yang utama

Prioritas adalah hal  utama yang harus dilakukan.Dari banyaknya hal itu kamu harus bisa menetapkan mana yang dilakukan pertama dan mana yang harus dilakukan nanti.

  • Jangan menunda pekerjaan

Kebanyakan dari kita suka menunda pekerjaan, kadang rasa malas lebih besar dari niat.Benturan waktu bahkan bisa terjadi saat kita sering membiarkan pekerjaanmu ditumpuk.

  • Evaluasi hasil

Evaluasi merupakan hal yang penting, karena dengan adanya evaluasi ini kita bisa memperbaiki jadwal atau kegiatan yang tertunda.

          Jadi kesimpulannya, kita sebisa mungkin memanage waktu agar segala kegiatan terencana dengan baik dan mengurangi hambatan yang ada dengan melakukan evaluasi untuk setiap jadwal.           Kita sebagai mahasiswa,maha artinya besar yaitu kita sendiri.Kita sudah bukan anak-anak lagi,kita harus punya pandangan maju kedepannya untuk sukses.Dan kesuksesan berawal dari manajemen waktu yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *