Lagi, Mahasiswa STMIK Indonesia Padang Tuai Prestasi

RANTIANG.COM– Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat ke-XV yang diadakan tanggal 16-25 November 2018 dengan tuan rumah Kabupaten Padang Pariaman berlangsung dengan sukses.

Sulthani Aslam merupakan salah satu mahasiswa STMIK Indonesia Padang yang mengikuti Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Barat ke-XV yang turun pada cabang olahraga karate dengan kelas Kata perorangan berhasil mempersembahkan mendali perak.

Mahasiswa semester 5 ini merupakan perwakilan dari daerah Kabupaten Agam. Sultani menekuni cabang olah raga bela diri Karate ini dari kelas 4 SD sampai sekarang, karena Sulthani tertarik karena olahraga bukan hanya sekedar untuk latihan, tapi olahraga bisa membawa prestasi.


Pada cabang olahraga Karate terdapat kelas Kata dan Kumite. Pada kelas Kata (seni gerak) memperlihatkan keindahan gerakan yang diperagakan oleh 2 atlet yang bertanding dan wasit akan menilai garekan yang paling indah dan bagus.

Sedangkan pada kelas Kumite (bertarung) para atlet langsung kontak fisik dengan lawan, untuk mencari poin sesuai dengan aturan World Karate Federation (WKF). Untuk menentukan pemenang, wasit akan mengangkat bendera biru atau merah sesuai dengan sabuk yang digunakan oleh atlet yang bertanding.

Menurut Sulthani dalam wawancara tujuan dari Porprov adalah untuk mencari atlet untuk persiapan PRAPON. Porprov Sumatera Barat ke-XV ini merupakan yang ke 15 dari cabang karate yang Sulthani ikuti dan untuk persiapan sendiri kira-kira selama 3 bulan.

Sebelum bertanding Sulthani melakukan ritual dengan do’a kepada orang tua supaya diberikan kemudahan dalam bertanding. Prestasi yang pernah di raih Sulthani sendiri yaitu, mendali perunggu tingkat SLTA, mendali perak tingkat SLTA, mendali emas pada kejuaraan daerah perguruan dan yang terakhir mendali perak pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat ke-XV.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *