MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI MEDIA MASSA NASIONAL DALAM LANSKAP INFORMASI GLOBAL

RANTIANG.COM – Kamis (08/02/2018)
dalam memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2018, diadakan acara “Konvensi Nasional Media Massa” dengan tema “Iklim Bermedia yang Sehat dan Simbang: Mempertahankan Eksistensi Media Massa Nasional dalam Lanskap Informasi Global”, yang pada kesempatan ini membahas mengenai “Daya Hidup Media di Era yang Berubah”.

Acara tersebut diadakan pada hari kamis (08/02/2018), bertempat di Padang Convention Center Hotel GRAND INNA Padang.

Beberapa narasumber yang ikut mengisi acara tersebut ialah: Ridha K.Liamsi (Paparan Pimpinan ERDEKA Group), Ahmad Djauhar (Paparan Wakil Ketua Dewan Pers), Rohmad Hadiwijoyo (Paparan Ketua PRSSNI), dan Basril Basyar(PWI SUMBAR) sebagai pengantar moderator.

Isi dalam pembahasan tersebut ialah mengenai Daya Tahan Pers Daerah di Tengah Ancaman Media Digital, Daya Hidup Media di Daerah di Era yang Berbah, dan Media sebagai Jembatan dalam Konflik Pilkada. Dalam acara tersebut disampaikan beberapa hal yaitu, pengaruh otonomi daerah akan membentuk pembaca di daerah tersebut, hal ini berkaitan dengan kebijakan pemerintah daerah mengenai media massa daerah tersebut.

Kemudian juga membahas pengaruh media massa dalam konflik pilkada, dimana media massa ikut berperan aktif dalam mensukseskan ritual politik di tahun politik.

Selanjutnya mengenai media cetak yang belum tergantikan oleh media online, dimana media online dianggap hanya sebagai media pendukung dalam penyampaian informasi.
Rida K. Liamsi menyampaikan “masyarakat membaca media online dari judulnya, berita selengkapnya akan mereka baca di media cetak, jadi media cetak belum akan terbunuh oleh media online”.

Liputan: Anggita sari

Dara Melica

I'm a girl. I have a billion dreams.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *