KODE ETIK JURNALISTIK

RANTIANG.COM- Kode etik jurnalistik adalah himpunan etika profesi kewartawanan yang disusun supaya semua wartawan menjalankan profesinya dengan bertanggung jawab. Kode etik jurnalistik juga dibuat agar kemerdekaan pers terjamin, selain itu juga melindungi hak publik untuk memperoleh informasi yang benar.

 

Apabila ada pemberitaan yang melanggar kode etik maka artinya terjadi pelanggaran yang dilakukan wartawan dalam menjalankan profesinya. Setiap wartawan harus tau apa-apa saja kode etik jurnalistik, berikut ini adalah Kode Etik Jurnalistik yang harus diketahui oleh wartawan :

  1. Wartawan Indonesia bersikap independen, menghasilkan berita yang akurat dan berimbang.
  2. Wartawan Indonesia menampung cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik.
  3. Wartawan Indonesia selalu menguji informasi, memberitakan secara berimbang, tidak mencampurkan fakta dan opini yang menghakimi, serta menerapkan asas praduga tak bersalah.
  4. Wartawan Indonesia tidak membuat berita bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  5. Wartawan Indonesia tidak menyebutkan dan menyiarkan identitas korban kejahatan asusila dan tidak menyebutkan indenitas anak yang menjadi pelaku kejahatan.
  6. Wartawan Indonesia tidak menyalahgunakan profesi dan tidak menerima suap.
  7. Wartawan Indonesia memiliki hak tolak untuk melindungi narasumber yang tidak bersedia diketahui indentitas maupun keberadaannya, informasi latar belakang, dan sesuai dengan kesepakatan.
  8. Wartawan Indonesia tidak menulis atau menyiarkan berita berdasarkan prasangka atau diskriminasi terhadap seseorang atas dasar pembedaan suku, ras, warna kulit, agama, jenis kelamin, dan bahasa serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa atau cacat jasmani.
  9. Wartawan Indonesia menghormati hak narasumber tentang kehidupan pribadinya, kecuali untuk kepentingan publik.
  10. Wartawan Indonesia segera mencabut,melarat, dan memperbaiki berita yang keliru dan tidak akurat disertai dengan permintaan maaf kepada pembaca atau pendengar.

 

Itulah beberapa Kode Etik Jurnalisti yang harus wartawan ketahui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *