Kebiasaan yang Sering Membuat Flashdisk Rusak

Rantiang – Di zaman yang canggih sekarang ini dimana perkembangan teknologi yang berkembang pesat membuat kebutuhan sehari-hari meningkat. Pasti di zaman seperti ini semua orang pasti tau atau mengenal akan namanya flashdisk mulai dari anak-anak hingga orang tua pun pasti akan tau tentang flashdisk. Flashdisk merupakan sebuah media penyimpanan data dengan ukuran fisik yang kecil dan mudah dibawa kemana-mana. Terutama bagi mahasiswa, flashdisk merupakan kebutuhan inti bagi mahasiswa untuk proses perkuliaahan. Sebagai contoh misalkan kita meminta materi dari dosen pasti membutuhkan flashdisk untuk memindahkan data yang diperlukan.

Walaupun kita sering menggunakan flashdisk pasti kita bingung bagaimana flashdisk kita cepat rusak dan tidak bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan yang tanpa kita sadari membuat flashdisk kita cepat rusak yang sebagaimana dilansir pada halaman GUDANGILMUKOMPUTER.com:

  1. Eject sebelum mencabut flashdisk karena dikhawatirkan masih ada proses yang berjalan pada flashdisk dan jika flashdisk itu kamu cabut langsung, maka kemungkinan akan terjadi corrupt data atau bahkan dapat menyebabkan flashdisk menjadi rusak dan tidak dapat digunakan lagi sama sekali.
  2. Hindari dari terkena air, terjatuh, atau disimpan ditempat dengan suhu yang panas. Hal ini ditujukan untuk mengurangi kerusakan pada fisik dan komponen dari flashdisk.
  3. Hindari menaruh flashdisk berdekatan dengan benda yang memiliki gelombang magnet, misalnya smartphone, televisi atau bahkan magnet itu sendiri. Simpanlah flashdisk di tempat yang dirasa aman dan akan lebih baik jika flashdisk dibuatkan tempat khusus penyimpanannya.
  4. Lakukanlah scanning secara berkala terhadap flashdisk setelah digunakan. Karena serangan virus dapat menyebabkan flashdisk menjadi cepat rusak. Apalagi jika flashdisk itu sering digunakan dibeberapa komputer, maka kemungkinan dapat menyebarkan virus dari komputer satu ke komputer yang lain.
  5. Jangan terlalu sering delete, copy, atau paste data di flashdisk. Flashdisk memiliki kapasitas maksimal sekitar 10.000 sampai 100.000 kali proses tulis dan hapus data. Jika sudah melewatinya, kemungkinan flashdisk akan menjadi lebih lambat atau tidak bisa digunakan sama sekali. Satu lagi, jangan terlalu sering melakukan format terhadap flashdisk karena apabila terlalu sering maka akan menyebabkan flashdisk menjadi lambat dan lama kelamaan flashdisk menjadi rusak.”

Sekarang sudah tau bagaimana terjadinya flashdisk kita yang tiba-tiba rusak atau rusak dengan jangka waktu pendek. Jadi kita bisa mengantipasi kurusakan pada flasdhdisk kita. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *