Katanya ngumpul, Lah kok malah asik main ponsel !!!

Ya, di zaman sekarang ini semua orang tidak lepas dari yang namanya ponsel. Baik itu anak-anak, remaja sampai orang tua sekalipun . Dikutip dari Wikipedia.com, ”ponsel adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, tetapi dapat dibawa kemana-mana dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel”. Namun ponsel pintar saat ini memiliki kemajuan dan kecanggihan yang sangat pesat sehingga tak jarang penggunanya menjadi ketergantungan pada alat ini. Sehingga menumbuhkan sikap acuh dan tidak peduli terhadap orang-orang maupun lingkungan di sekitarnya.

Dikalangan remaja khususnya mahasiswa, tidak lepas dari yang namanya ngumpul-ngupul, baik itu mengerjakan tugas kelompok, ngobrol santai, acara reunian serta lain sebagainya. Tapi pernah gak sih, pas gumpul-ngumpul sebagian dari kita pasti ada yang asik main ponsel sediri. Entah itu foto selfie, main game maupun main medsos. Sehingga ngupul-ngumpulnya tidak berjalan sesuai keinginan dan harapan yang awalnya berniat untuk membuat tugas malah asik sendiri. Hmm inilah, realita yang terjadi sekarang ini.

Hal-hal seperti itu memang tidak bisa di biarkan. Nah agar acara ngumpul-ngumpul sesuai dengan tujuan tanpa terganggu oleh ponsel. Maka cobalah untuk melakukan beberapa tips berikut ini :

  1. Niatkan dalam hati bahwa kita ikut ngumpul-ngupul bukan sekedar ikut-ikutan saja, tapi ikut serta bersosialisasi di dalamnya seperti mengeluarkan pendapat.
  2. Pada saat teman atau orang lain berbicara hendaklah memperhatikannya walaupun tidak memberikan respon.
  3. Buatlah aturan, selama ngumpul-ngupul tidak boleh memegang ponsel maupun mengecek ponsel atau boleh membuka ponsel tetapi setiap 30 menit sekali saja
  4. Semua ponsel dimatikan dan dikumpulkan pada satu tempat sehingga dengan demikian jalannya acara ngumpul-ngumpul tidak terganggu lagi. Namun yang ini terlalu berlebihan juga sih, tapi apa salahnya untuk dicobakan.
  5. Matikan notifikasi ponsel, seperti yang kita ketahui bunyi notifikasi dari ponsel secara tidak sadar dapat mengganggu perhatian. Sebab kita menjadi penasaran untuk membaca pesan yang masuk ke ponsel kita.

Sesekali lakukan game atau permainan sederhana agar ngumpul- ngumpul tidak terasa membosankan, sehingga seseorang tidak berpikiran untuk memainkan ponsel

Demikianlah beberapa tips yang dapat penulis bagikan,agar acara ngumpul-ngumpul sesuai dengan tujuan tanpa tergangngu oleh ponsel, tetapi ya kembali ke diri kita pribadi sih untuk mengontrol diri agar tidak menggunakan ponsel. Masa iya katanya ngumpul,lah kok asik main ponsel !!!, Semoga bermanfaat…

Ditulis oleh : Heryanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *