Kampung Batu Punya Pesona

RANTIANG.COM- 02/09/2018

Bicara soal Indonesia, banyak sekali Tuhan menyimpan surganya di negeri ini. Indonesia merupakan salah satu negara dengan sejuta keindahan yang dipersembahkan alam. Keindahan tersebut tersebar dari sabang sampai merauke. yang tentunnya setiap daerah punya jargon keindahan alam nya masing-masing. Sala satu daerah yang menyimpan keindahan di dalamnya adalah Kampung Batu.

Kenagarian Kampung Batu Dalam merupakan salah satu nagari yang terletak di Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat. Berjarak 45 km kurang lebih dari Kota Solok. Daerah ini merupakan salah satu nagari penghasil sayur-sayuran terbesar di Sumatera Barat. Mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani dan nelayan.

Daerah Kampung Batu yang terletak di kawasan pegunungan, menjadikan daerah ini memiliki suhu yang dingin. Sehingga beberapa buku ataupun masyarakat menamakannya “Kutub Tak Bersalju”.

Kampung Batu sendiri terletak di hamparan bukit dan danau. Sangat Indah memang. Pada bagian barat, pesona Gunung Talang menambah indah pesona daerah ini. Begitu juga pada bagian timur. Danau Bawah memanjakan mata bagi setiap penikmat alam. Belum lagi hamparan kebun sayur-sayuran yang tersebar kian kemari. Dan tak kalah indah, nelayan dengan “biduak” ditengah-tengah danau yang asyik dengan ikan pancingannya. Pemandangan Gunung Merapi pada bagian utara nampak jelas dari daerah ini. Tak lupa, Gunung Kerinci juga menambah indah pada bagian selatan.

Daerah ini sangat mudah diakses dari Kota Solok ataupun dari Lubuk Silasiah. Sayangnya badan jalan yang tidak terlalu lebar membuat kendaraan agak berhati-hati untuk mengunjungi daerah ini. Kemudian banyaknya jalan yang berlubang membuat akses kendaraan agak terhambat lajunya. Oleh karena itu perhatian pemerintah untuk memperbaiki jalan sangat dibutuhkan daerah ini.

 

Penulis:

Dara Melica

Mahasiswa semester 5, anak Nagari Kampung Batu Dalam

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *