Kajian Forum Annisa FOKIS Madani STMIK Indonesia Padang

RANTIANG.COM – Forum Annisa adalah kajian yang dikhususkan untuk wanita yang membahas tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan agama Islam. Forum Annisa ini adalah salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh organisasi FOKIS Madani STMIK Indonesia Padang setiap hari jum’at pukul 11.45 di taman kampus STMIK Indonesia Padang.

FOKIS Madani adalah kepanjangan dari Forum Kajian Islam yang merupakan organisasi yang didirikan di lingkungan STMIK Indonesia Padang. Kegiatan utama dari FOKIS adalah mengadakan kajian mengenai agama Islam dan menegakkan acara-acara pada hari besar Islam. Tujuan dari organisasi ini adalah sebagai wadah untuk aktifitas ke Islaman kampus dalam rangka mewujudkan masyarakat kampus yang berkemampuan akademik dalam suasana Islamiah.

FOKIS ini didirikan pada 04 oktober 2002 ( jum’at,27 rajab 1423 H), dan Forum kajian Annisa ini didirikan atau dimulai sejak tahun 2016. Forum kajian Annisa ini memiliki satu kajian yang lebih mendalami Islam itu secara kaffah.

Forum kajian Annisa didirikan oleh Fitria Damayanti. Tujuan dari forum kajian ini adalah untuk terus menyebarluaskan Islam ke tengah-tengah umat, dengan motivasi dari kajian ini sendiri fokus pada pemikiran dan kepribadian yang berlandaskan Islam. Forum kajian Annisa ini didirikan karena melihat realita yang berkembang baik di kehidupan kampus maupun kehidupan masyarakat yang jauh sekali dari pemahaman Islam.

Forum kajian ini dilakukan dibeberapa kampus,dengan beberapa nama seperti: Hijrah Comunity, Pemuda Pembangun Peradaban, Yuk Move On, dan Yuk Ngaji.

Pada tanggal 1 maret 2019, forum kajian Annisa melakukan kegiatan yang selalu rutin dilakukan di taman kampus STMIK Indonesia Padang dengan tema : “Masa lalu, akankah dibiarkan berlalu?” dengan pemateri Fitria Damayanti.

Masa lalu Islam yang pernah berjaya selama 13 abad silam, masa lalu yang membawa perubahan bukan sekedar bawa perasaan. Mari ambil peran untuk membangkitkan itu kembali dengan berjuang mengkaji Islam dan meyakini janji Allah. Mari lakukan perubahan kearah yang lebih baik dengan mengkaji Islam secara kaffah.

Jadikan masa lalu itu sebagai pelajaran untuk merubah diri menjadi lebih baik lagi. Tanyakan kepada diri kita masing-masing, sudahkah kita membuat sebuah perubahan? Jika belum, mari kita lakukan sebuah perubahan yang membangkitkan kembali Islam.

Nah, di sini penulis menulis tentang ini bukan bermaksud menggurui tetapi sama-sama memperbaiki diri ke jalan yang benar dan tetap selalu mengingat Sang Pencipta yang telah memberi kehidupan kepada kita, yaitu Allah SWT. Semoga bermanfaat 🙂

 

Penulis : Elpina Sari Dewi (Wartawan LPM Semut Merah)