Jenis Pekerjaan dalam Lingkup Sistem Informasi

RANTIANG.COM- Sistem Informasi merupakan salah satu jurusan yang paling banyak dicari pada masa teknologi yang maju ini. Banyak sekali Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Swasta (PTS) yang berlomba-lomba untuk membuka jurusan ini di perguruan tinggi masing-masing.

Jika kamu merupakan salah satu dari banyak orang yang mengambil jurusan sistem informasi, maka kamu merupakan salah satu orang yang beruntung karena memilih jurusan tersebut.

Lulusan dari sistem informasi mempunyai peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang beragam terkait dalam dunia teknologi antara lain :
1. System Analyst
Diambil dari www.glints.com, System Analyst sendiri yaitu seseorang yang menggunakan komputer dan sistem terkait untuk mendesain solusi dalam teknologi informasi, memodifikasi, meningkatkan, atau mengadaptasi sistem yang ada dan mengintegrasikan fitur-fitur dan peningkatan baru untuk tujuan efisiensi dan produktivitas bisnis. System Analyst bekerja seperti memeriksa suatu sistem atau model bisnis yang ada kemudian menganalisis kebutuhan sistem tersebut. Selain itu seorang system analyst bertugas mengembangkan produk dan mengimplementasi, mengatur, dan menguji solusi dalam sistem.

2. Software Developer
Seorang lulusan sistem informasi juga mempunyai peluang bekerja dalam bidang software developer. Software developer bertugas dalam pembuatan, pengembangan, dan pengujian program-program perangkat lunak komputer. Seorang software developer juga bisa membuat berbagai software seperti sistem operasi dan network distribution yang berguna bagi perusahaan.

3. Database Administrator
Pekerjaan yang bisa dilakukan oleh lulusan sistem informasi salah satunya adalah sebagai seorang database administrator. Database administrator sendiri adalah orang yang bertanggung jawab untuk mendesain, implementasi, pemeliharaan dan perbaikan database. Seorang database administrator berperan sebagai mengurutkan dan mengatur data dalam susunan tertentu untuk memudahkan pengguna data tertentu untuk mengaksesnya secara eksklusif. Selain itu database administrator berguna untuk mengatur sebuah database agar dapat berfungsi baik dan akurat.

Selain jenis pekerjaan yang diatas, masih banyak lagi jenis pekerjaan yang bisa dilakukan sebagai lulusan dari sistem informasi. Tidak menutup kemungkinan jenis pekerjaan yang diinginkan bisa dimasuki oleh lulusan dari sistem informasi.

Penulis : Fadillah Hamimi

Sumber foto : pixabay.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *