Ini yang Terjadi jika Berlama-lama Menggunakan Smartphone

RANTIANG.COM– Smartphone saat ini sudah menjadi kebutuhan hidup yang tidak bisa dipisahkan. Kemana pun kita pergi biasanya smartphone tidak pernah ketinggalan, bahkan di saat kita mau tidur sekali pun smartphone akan selalu tetap ditangan penggunanya. Dengan berbagai variasi dan harga HP Android yang terjangkau, masyarakat dapat dengan mudah memiliki smartphone. Mulai dari kalangan anak-anak, dewasa, pekerja, maupun orang tua.

Nah, dibalik banyak keuntungan dan kemudahan yang kuta dapatkan dari penggunaan smartphone, ternyata ada juga dampak buruk yang akan terjadi jika terlalu lama menggunakan smartphone. Diantaranya:

  1. Penglihatan akan terganggu
    Dengan berlama-lama kita menatap layar smartphone, akan berakibat pada penglihatan kita. Karena saat menatap layar tersebut, mata kita akan kering dan perih. Untuk mengatasi nya kurangi menatap layar smartphone dan hindari penggunaan smartphone ketika sedang tidur.
  2. Lupa akan waktu
    Ini sudah dapat kita pastikan ya, bermain smartphone bisa lupa akan waktu. Apalagi dengan perkembangan smartphone yang sangat pesat, banyak fitur-fitur baru yang membuat pengguna nya terbuai akan penggunaan smartphone. Untuk mengatasinya adalah mengatur waktu penggunaan smartphone agar tidak terlalu larut.
  3. Kurang peduli terhadap lingkungan sekitar
    Pada saat menggunakan smartphone, hampir seluruh konsentrasi kita tertuju pada smartphone dan tanpa memedulikan keaadaan sekitar. Parahnya lagi, banyak orang yang menggunakan smartphone pada saat mengendarai mobil atau motor, saat menyebrang jalan yang dapat menimbulkan bahaya terhadap pengguna smartphone itu sendiri.
  4. Menimbulkan efek kecanduan
    Berkat perkembangan teknologi yang terus meningkat membuat smartphone dapat melakukan banyak fungsi. Kamu dapat dengan mudah menerima dan membalas e-mail, chatting, berselancar di internet, menonton video, mendengarkan musik, bermain game, atau berinteraksi di media sosial. Kemudahan-kemudahan ini disinyalir dapat menimbulkan kecanduan sehingga hampir setiap menit kita bisa mengecek ponsel apakah ada pesan masuk atau tidak.

Itulah beberapa dampak buruk jika terlalu lama menggunakan smartphone. Tidak hanya dampak buruk, smartphone banyak juga dampak positifnya, diantaranya memudahkan kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Bijak lah dalam menggunakan smartphone, baik arau buruknya tergantung dari bagaimana kita menggunakannya.

Sumber foto : FaktualNews.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *