Ini Dia, Gelar-gelar Kehormatan yang Harus Kamu Ketahui

RANTIANG.COM– Nah teman-teman pasti ada yang belum tahu kan, tentang apa saja gelar kehormatan yang ada. Baiklah disini penulis akan berbagi sedikit informasi tentang gelar kehormatan. Silahkan dibaca teman-teman.

Gelar-gelar kehormatan diberikan kepada pelajar sarjana dan pascasarjana yang meraih pencapaian akademik yang berbeda. Gelar kehormatan ini biasanya tertulis dalam ijazah seperti Cum Laude, Magna Cum Laude, dan Summa Cum Laude adalah penghargaan yang diadopsi dari bahasa Latin yang didasarkan sistem di US (United State) dan dapat diterjemahkan menjadi Penghargaan Tertinggi, dengan Penghargaaan yang Tinggi, dan Penghargaan.
Cum laude memiliki makna yang berarti “Dengan Kehormatan” atau “Dengan Pujian”. Magna Cum laude berarti dengan “Kehormatan Besar”, atau dengan “Pujian Besar”. Sedangkan Summa Cum laude berarti dengan “Pujian Tertinggi” atau “Kerhormatan Tertinggi”. Rentang nilai untuk menentukan seorang mahasiswa masuk kriteria yang mana bervariasi antar Universitas dan negara. Tetapi biasanya dengan standard IPK tertinggi 4.00,

Mahasiswa program sarjana akan diberikan penghargaan sesuai dengan nilai-nilai berikut ini:
• 4.00 : Summa Cum Laude
• 3.80 s/d 3.90 : Magna Cum Laude
• 3.50 s/d 3.79 : Cum Laude
• 3.20 s/d 3.49 : High Merit
• 3.00 s/d 3.19 : Merit

Umumnya perguruan tinggi yang memberikan gelar tersebut mempunyai aturan yang jelas mengenai persyaratan mendapat gelar kehormatan bersangkutan, entah nilai minimum, tesis tertulis, dan persyaratan lainnya.
Penggunaan gelar kehormatan ini untuk tingkat sarjana tidak begitu umum di dunia, meski umum dipakai di Indonesia, Filipina, Amerika Serikat dan sejumput negara lain. Penggunaannya dalam tingkat pascasarjana lebih umum di dunia, terutama tingkat doktor.

Jika teman-teman ingin mendapat gelar kehormatan tersebut, maka teman-teman harus membuat target dari sekarang. Mungkin hanya itu informasi yang dapat penulis sampaikan. Kalau ada salah dan jangkalnya penulis mohon maaf, semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar teman-teman dikolom komentar.

Sumber :
https://www.ican-education.com/berita-event/news/pengertian_cum_laude_magna_cum_laude_dan_summa_cum_laude

https://kumparan.com/lampu-edison/cum-laude-summa-cum-laude-magna-cum-laude

https://id.wikipedia.org/wiki/Gelar_kehormatan_Latin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *