Hindari SKS (Sistem Kebut Semalam)

RANTIANG.COM– Diantara kita mungkin banyak yang menerapkan cara belajar Sistem Kebut Semalam(SKS). SKS adalah cara mempelajari seluruh materi pelajaran dalam waktu satu malam sebelum ujian.

Hayooo,, kita pasti pernah menerapkannya bukan? Nah, kamu tahu gak sih bahwa sebenarnya SKS itu bukan cara belajar yang efektif lho! Justru SKS itu harus kamu hindari jika kamu ingin mengerti pelajaran dan mendapatkan hasil maksimal disaat ujian. Berikut cara belajar efektif :

1. Belajar bertahap dengan jadwal rutin
Belajar bertahap dengan jadwal rutin dapat membantu kamu terhindar dari kebiasaan SKS. Selain itu dengan cara tersebut kamu bisa lebih mengerti materi pelajaran yang dipelajari.

2. Belajar Kelompok
Biasanya kalau kamu kurang mengerti suatu pelajaran, caranya adalah bertanya kepada teman. Nah, belajar kelompok juga merupakan cara belajar efektif. Selain memudahkan kamu dalam berdiskusi suatu materi, belajar kelompok juga tidak akan membuat kegiatan belajar kamu terasa bosan dan lebih seru.

3. Mengulang Pelajaran
Hari ini dijelaskan materi, keesokan harinya lupa. Mahasiswa Indonesia sering banget mengalami hal seperti ini.
Apa sih penyebabnya? Ketika guru menjelaskan, kamu hanya mendengarkan tanpa benar-benar memahami materi tersebut. Sehingga ketika esok hari, kamu seringkali lupa pemahaman mengenai materi tersebut. Pada malam hari, bukalah kembali buku pelajaran yang tadi pagi kamu pelajari di kampus, pelajari dan pahami kembali.

4. Hindari Hanya Poin Penting
Untuk mempersingkat waktu, tak jarang para mahasiswa hanya menandai poin-poin penting dalam suatu materi. Namun, hal tersebut bukanlah hal yang tepat. Mengapa? Karna nantinya akan membuat kamu terpaku pada beberapa poin yang kamu tandai penting. Padahal penjelasan dari poin yang ada sangatlah berpengaruh dalam pemahaman pada materi berikutnya.

Sumber : https://hohero.com/2017/02/hilangkan-sistem-kebut-semalam-terapkan-cara-belajar-efektif/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *