Hidup Hasil dari Pilihan

RANTIANG.COM-Hidup menyajikan banyak pilihan, pilihan yang kita buat akan membawa kita pada masa depan yang kita inginkan. Kita tidak bisa menjalani kehidupan tanpa pilihan, maka dari itu setiap hari, setiap saat maupun setiap detik terus ada pilihan, jika tidak maka kita tidak akan menjadi seseorang yang baik dalam menjalani hidup. Hidup adalah pilihan yang kita ambil sendiri tanpa melibatkan pihak lain. Mau jadi apa kita itu adalah tanggungan yang harus kita ambil untuk masa depan. Begitu banyak pilihan yang terjadi mulai saat kita bangun tidur hingga tidur lagi. Kita berhak menentukan hidup seperti apa sesuai dengan keinginan kita untuk menjalani kedepannya. Menjadi seseorang yang berakhlak baik atau menjadi seseorang yang memiliki akhlak buruk? Itu adalah sebuah pilihan yang kita buat.

Pilihan harus dibuat dalam hidup, dan memang hidup selalu tentang pilihan. Dulu saat kita masih kecil, kita tidak punya kekuasaan untuk memilih dan masih dikendalikan orang tua. Contohnya saja disaat kita disuruh harus bersekolah, dan dalam keadaan ini pun kita punya begitu banyak pilihan, apakah mau belajar dengan sungguh-sungguh atau mau bermalas-malasan?, berteman atau tidak dan lebih memilih untuk menyendiri?, mau mendengarkan nasihat guru atau mengabaikannya?. Nah ini semua adalah bentuk dari pilihan yang kita ambil untuk menempatkan kehidupan yang baik dimasa depan nanti. Semakin berjalannya waktu dan bertambahnya usia, kita mempunyai kebebasan dalam memilih. Ketika kita memilih mau kuliah dimana dan mengambil jurusan apa pun yang menurut kita itu adalah sesuatu yang kita sukai. Dan ketika kita telah wisuda dan menjadi sarjana , kita memiliki kebebasan untuk memilih ingin bekerja atau tidak. Dan kita memiliki kebebasan mau memilih bekerja dimana.

Kita tidak dapat menjamin bahwasanya pilihan yang kita ambil adalah sesuatu yang benar. Oleh karena itu jalani apa yang menjadi pilihan diri sendiri, meskipun menurut kita pilihan tersebut adalah kesalahan. Yang menjadi tugas kita semenjak awal adalah menjalani hidup dengan mengambil pilihan sebaik-baiknya. Ingat, bahwa hari yang kita jalani dimulai dengan sesuatu yang baik akan membawa kita kepada sesuatu yang baik pula. Dan ingatlah Allah saat pertama kali kita membuka mata hingga memejamkan mata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *