Halfday Basic Workshop “Hoax Busting and Digital Hygiene”

RANTIANG.COM- Semakin mudahnya akses internet menjadikan arus informasi dapat diterima dengan sangat mudah. Setiap orang mampu dengan cepat mengakses segala hal di tengah derasnya arus informasi. Hal tersebut juga termasuk berita palsu atau hoaks yang semakin sulit untuk ditahan penyebarannya.

Tak sedikit warga yang sering terjatuh dalam informasi yang salah. Tingkat kepercayaan warga pada keberadaan media arus utama yang turut menjembatani informasi pun semakin dirasakan menurun. Di lain sisi, hal tersebut tidak diimbangi dengan keberadaan media alternatif yang akurat dan kredibel.

Pada era semakin derasnya informasi di internet dan semakin banyaknya pengguna media sosial di Indonesia, kejahatan didunia maya pun semakin beragam, salah satunya adalah pembajakan akun pribadi dan pencurian data digital.

Aliansi Jurnalis Independen bekerjasama dengan Internews dan Google News Initiative akan mengadakan serangkaian halfday basic workshop yang diperuntukkan untuk masyarakat umum, pegiat NGO, mahasiswa, akademisi, dll, mengenai bagaimana mendeteksi berita palsu, hoax, atau misinformasi, serta bagaimana pengamanan diri di dunia digital yang sehat dan aman. Peserta juga akan diajak untuk mengumpulkan data fake news maupun hoax untuk dilaporkan ke website Mafindo (https://www.turnbackhoax.id/lapor-hoax/)

Tujuan:
1. Membangun kesadaran publik atas pentingnya verifikasi dan fact-checking kepada semua informasi yang diperoleh di Internet.
2. Berbagi praktik terbaik dalam pengamanan diri di dunia digital dan verifikasi informasi.
3. Mengampanyekan program Google News Initiative Training Network yang sedang dijalankan.

Peserta
Peserta adalah 100 orang yang terdiri dari masyarakat umum, mahasiswa, blogger, akademisi, pegiat NGO, dan jurnalis.
Panitia akan menyediakan catering selama acara, Trainer handal, dan berbagai materi pendukung. Panitia tidak menyediakan akomodasi serta transportasi.

Panitia akan menghadirkan dua trainer yang tersertfikasi oleh Google News Initiative, untuk memberikan pelatihan mengenai pengamanan diri di dunia digital dan bagaimana meningkatkan pemahaman terhadap berita yang belum terverifikasi di dunia maya.

HTM Rp15.000,00

Fasilitas

  • Snack & makan siang
  • Seminar kit
  • Merchandise (Mug & Botol minum)
  • Sertifikat
  • Dapatkan T-shirt untuk 20 peserta yang hadir pertama

Pelaksanaan
🗓 Sabtu, 21 September 2019
🕛 12.00-16.00 WIB
📍 Gedung MKU A Lantai 1 Universitas Negeri Padang

Pendaftaran
Silahkan mengisi formulir pendaftaran pada: http://bit.ly/workshop_sumbar

Narahubung
Rona: 082285334071

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *