Front, Back, Full Stack

Di kalangan programmer, terdapat 3 istilah yang biasanya merujuk pada bagian mana keahlian orang tersebut, dimana ketiga istilah itu adalah Front End Developer, Back End Developer, Full Stack Developer, nah di postingan kali ini, kita akan sedikit membahas apa itu ? dan perbedaannya..

Di mulai dari Front End Developer, dari arti kata Front yang artinya Depan, bisa ditebak bukan Front End Developer berfokus dimana ? Front End Developer adalah orang yang memiliki keahlian dalam bidang User Interface dan User Experience (UI & UX). Kenapa hal tersebut penting ? Karena UI dan UX menentukan apakah aplikasi atau program yang kita buat itu dapat digunakan dengan mudah oleh user nantinya, biasanya untuk Front End Developer yang sering digunakan itu HTML, CSS, Bootstrap, Java Script dan lainnya.

Kemudian Back End Developer, nah Back End Developer ini kebalikan dari Front End Developer, yaitu programmer yang berfokus dibidang logika-logika dan algoritma program yang dibuat. Back End Developer bisa juga disebut Server Side Developer, nah Back End Developer ini juga penting untuk menentukan apakah program atau aplikasi tersebut bisa berjalan seperti yang diminta ataupun yang diinginkan. Bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk Back End Developer seperti Java, PHP, Python, C dan lain-lain.

Nah yang terakhir adalah…. Full Stack Developer. Apa sih itu Full Stack Developer ? Full Stack Developer adalah programmer yang mampu menguasai Front End, Back End secara bersamaan dan sama baiknya, jadi programmer Full Stack Developer itu juga bisa membuat UI dan UX serta merancang algoritma dan logika dari program tersebut.. untuk kode programnya, yap Full Stack Developer bisa menggunakan kode yang ada di Front End Developer dan Back End Developer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *