Diera Sekarang Haruskah Kita Kecanduan Teknologi

RANTIANG.COM- Tentu saja ada saja perkembangan dan peluncuran teknologi baru di masa sekarang. Baik itu laptop, komputer, gadget, hingga aplikasi berbasis informatika. Dan juga ada yang mampu melacak keberadaan restoran, hotel, penginapan, objek wisata, toko elektronik, hingga suvenir terdekat.

Seolah di zaman ini, dari segala penjuru manusia serba dimudahkan dan dibantu aktivitasnya dengan beragam fitur baru teknologi. Dari pagi hingga malam, semua orang seperti tak bisa terhindar dari penggunaan teknologi apapun bentuknya.
Semakin lama, semakin dengan terbantu dan dipermudahkannya segala urusan baik pekerjaan dan kehidupan sosial, teknologi menjadi sebuah kebutuhan yang semakin meningkat tingkat urgensinya.

Selain itu, tidak sedikit pula orang yang justru susah dilepaskan, bahkan kecanduan dengan beragam fasilitas ini. Ada pula yang bahkan merasa kurang dan gelisah jika dalam sehari tidak memencet atau membuka media sosial, aplikasi kegemaran atau perangkat teknologi lainnya. Jika dibiarkan, kecanduan terhadap teknologi menjadi suatu hal yang mungkin akan membawa efek buruk nantinya.

Disaat sekarang mengapa orang seakan terobsesi dalam pemakaian teknologi?

Jika dikaji lebih jauh, pada dasarnya pikiran yang sudah terbiasa terbantu berkat adanya suatu fasilitas atau sarana apapun, lama kelamaan akan melahirkan rasa nyaman dan muncul sebuah keterikatan tertentu. Namun demikian, rasa keterikatan dan emosi ini ada baiknya tidak sedikitpun memudarkan rasa percaya terhadap kemampuan dan ketrampilan dasar yang kita miliki sebagai manusia. Tak seharusnya, kecanggihan teknologi menumpulkan ketajaman pikiran kita, ketrampilan berkreasi hingga mencari solusi.

Sumber foto : Suara.com
Sumber : https://yoursay.suara.com/kolom/2021/07/14/114200/haruskah-kecanduan-teknologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *