Destinasi Wisata Harau

RANTIANG.COM– Harau merupakan salah satu tempat pariwisata yang banyak dikunjungi oleh masyarakat yang menyukai keindahan alam. Bukan hanya dipenuhi oleh tebing-tebing tinggi, Harau juga banyak mempunyai air Terjun yang menjadi tempat pemandian dan bermain air oleh para pengunjung. Fasilitas yang disediakan oleh masyarakat Harau juga murah dan terjangkau.

Ada sekitar dua buah tempat pemandian di Harau yang memiliki air terjun. Bukan saja airnya yang segar dikarenakan berasal dari gunung, pemandian ini juga menyedian uji adrenaline untuk anak-anak yang ingin mencoba keberaniannya dengan menyediakan fasilitas kereta gantung.

Selain air terjun, kawasan wisata Harau juga mempunyai kelokasi taman bermain yang masih dalam tahap pembangunan, yaitu kampung eropa yang berjarak sekitar kurang lebih 2 KM dari pusat air terjun Harau. Disana kita disuguhkan dengan pemandangan yang tak kalah dengan taman-taman bermain ternama lainnya, dimana disana terdapat replika Menara Eifel, replika jembatan Cina, replika gedung ratu Elizabet di Inggris dan masih banyak lagi replika lainnya. Walaupun masih dalam tahap pembangunan, taman bermain ini tetap ramai dikunjungi oleh pengunjung dan masyarakat. Taman bermain yang telah ada sejak tahun 2008 ini sekarang sudah berubah menjadi tempat pariwisata yang digemari oleh pengunjung, bagaimana tidak semakin hari Harau semakin diperbaiki ataupun menambahkan infrastruktur tempat pariwisata tersebut. Tercatat tak kurang dari 10.000 pengunjung berkunjung ke tempat pariwisata ini setiap hari pada libur panjang sekolah.


Taman bermain Kota Eropa ini yang dikabarkan akan rampung pada tahun 2020 dikatan bisa mendatangkan pengunjung 5.000 pengunjung setiap harinya, dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar Harau. Bukan hanya menjadi petani, masyarakat sekitar sini juga dapat mendapatkan peningkatan pendapatan mereka dengan pariwisata ini. Ada yang membuka taman bermain, rumah makan, cendramata kota payakumbuh dan ada juga yang menyediakan fasilitas pelampung untuk para pengunjung yang ingin berenang disekitar air terjun didaerah Harau. Dikatakan oleh salah seorang pengunjung dari kota Padang “Setiap akhir libur panjang, kami dari kota padang berkunjung ke Harau untuk sekitar menikmati suasana alam ini. Walaupun tadi macet di sekitar daerah Kayutanam dan Padang Lua Bukittinggi, dan akhirnya kami sampai di Harau ini. Sungguh pemandangan yang menyenangkan.”

“Harau yang dulunya sulit untuk dijangkau, sekarang sudah medah untuk dijangkau oleh para wisatawan, untuk itu saya mewakili para pedagang disini mengucapkan banyak terima kasih pada dinas perhubungan kota payakumbuh yang telah memperbaiki infrastruktur jalan disini” tutur salah seorang pedagang di kawasan Harau.

Penulis : Fajri Surya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *