Dedikasi untuk Pahlawan G 30-S/PKI

RANTIANG.COM– Dalam rangka memperingati G 30-S/PKI (Gerakan 30 September/PKI) seluruh ormawa selingkup STMIK Indonesia Padang mengadakan orasi dan pemutaran film G 30-S/PKI, Senin (30/09/2019). Acara ini bertempat di taman dan disaksikan oleh mahasiswa selingkup kampus. Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk dedikasi para mahasiswa STMIK Indonesia Padang mengenang perjuangan pahlawan yang telah gugur pada persitiwa tersebut.

G 30-S/PKI adalah sebuah peristiwa yang terjadi selewat malam tanggal 30 September sampai awal 1 Oktober 1965 ketika tujuh perwira tinggi Militer Indonesia dan beberapa orang lainnya gugur dalam peristiwa tersebut.

Kegiatan orasi ini awalnya diusulkan oleh RTIK Komisariat STMIK Indonesia Padang dan dibantu oleh Himpunan beserta teman-teman ormawa dalam penyampaian orasi.

Orasi disampaikan oleh berberapa orang di antaranya yaitu Debi Andika Saputra (MAP), Rian Firmansyah (RTIK), Muhammad Liwuzizen (HMI), Sherly Eka Putri (HMI), Erfindo Candra (Presiden Mahasiswa) dan masih banyak lagi orasi-orasi dari teman-teman ormawa beserta mahasiswa.

Erfindo Candra (Presiden Mahasiswa STMIK Indonesia Padang)

Acara dilanjutkan dengan pemutaran film G 30-S/PKI dan disaksikan oleh teman-teman ormawa dan mahasiswa selingkup STMIK Indonesia Padang.

Tujuan dilaksanakannya acara tersebut adalah agar mahasiswa atau generasi muda tahu peristiwa apa yang terjadi pada tanggal 30 September dan tidak lupa tentang sejarah yang dialami bangsa Indonesia pada masa itu.

“Pelajaran yang bisa kita ambil dari peringatan G 30-S/PKI adalah mahasiswa bisa melihat betapa kerasnya bangsa Indonesia mendirikan bangsa yang merdeka secara hakikat dan Pancasila, mahasiswa bisa menyadari untuk menjadi bangsa yang besar butuh pengorbanan yang lebih, dan akan menumbuhkan solidaritas antar mahasiswa dan masyarakat dalam mejaga negara. Semoga peringatan ini bisa menjadi pelajaran bagi mahasiswa dan menjadi semangat untuk mahasiswa dalam menjaga bangsa ini tetap baik dan utuh” ujar presiden mahasiswa bapak Erfindo Candra.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *