Data Science, Data Engineer, Data Analyst

RANTIANG.COM– Apa itu Data Science, Data Engineer, dan Data Analyst ? Dilansir dari website DQLab, Data science adalah orang yang menganalisa dan menafsirkan kumpulan data yang kompleks, dimana ada proses seperti pengumpulan data, mengolah, dan mengkomunikasikan data, serta data scientist adalah orang yang biasanya terlibat dalam pembuatan suatu fitur dalam aplikasi, disamping profesi lainnya seperti Machine Learning Engineer

Data analyst adalah orang yang mengolah data dan melakukan analisanya, biasanya data analyst bertugas untuk mencari insight dari data untuk memajukan bisnis dari berbagai aspek, lalu diolah dan dibicarakan dengan para petinggi bisnis.


Data engineer adalah orang yang membuat desain arsitektur data, monitor infrastruktur data dan mengelola jalur data yang besar dalam jumlah yang besar.

Tentu masing-masing profesi diatas memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda, dimana seorang data scientist memiliki tanggung jawab, memproses big data, terlibat dalam perencanaan analisis data, dan mengoptimalkan pemakaian machine learning. Sementara data analyst, berperan dalam membersihkan, menganalisis, dan memvisualisasikan serta representasi data, terakhir, data engineer berperan dalam perancangan arsitektur manajemen data, dan memonitor infrastuktur data.

Sumber Foto : qwords.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *