Dampak Buruk Mencontek

RANTIANG.COM– Wahhhh….. Siapa sih yang gak kenal dan tahu apa itu mencontek. Mencontek sepertinya sudah menjadi kebiasaan sebagian pelajar dari mulai siswa SD sampai mahasiswa. Cara menconteknya pun semakin lama semakin beragam dan canggih. Kalau di zaman dulu contekan hanya ditulis di kertas kecil atau di buat coretan di atas meja. Sekarang contekan cukup dikirim melalui Whatsapp. Bukan hanya ulangan harian, semesteran bahkan ujian nasional pun tidak luput dari upaya contek mencontek. Parahnya lagi ditingkat mahasiswa ikut-ikutan pula melakukan kebiasaan mencontek.

Padahal mencontek punya dampak buruk bagi pelakunya. Dampak buruk ini ada yang langsung dirasakan akibatnya, tapi ada juga dampak yang sifatnya jangka panjang. Mencontek memiliki dampak buruk diantaranya yaitu:

  1. Malas Belajar. Orang yang sudah terbiasa mecontek tidak memiliki semangat belajar yang tinggi dan hanya mengandalkan contekan pada saat ada tugas ataupun ujian.
  2. Biasa Berbohong. Mencontek memerlukan kebohongan untuk mendapatkan hasil atau misi yang diinginkannya. Mereka tidak hanya terbiasa berbohong kepada orang lain namun juga terbiasa berbohong kepada diri sendiri. Waahh Bahayakan..
  3. Menular. Ada yang mengibaratkan mencontek itu dengan penyakit yang bisa menular ke semua orang. Jika melihat teman sekelasnya bisa mencontek, teman yang berada dikiri dan kanannya pun pasti akan mengikuti. Kebiasaan buruk ini pun menular dan menyebar ke seantero kelas, bahkan bisa juga menular ke kelas lain.
  4. Tidak Percaya Diri. Semakin sering seseorang tersebut menyontek semakin hilanglah rasa percaya dirinya akan kemampuan yang dimilikinya, karena dia hanya mengandalkan contekan bukan dari ilmu yang telah dimilikannya.

Dampak buruk dari mencontek ini sebenarnya banyak dari penjabaran diatas, orang yang melakukan kebiasaan mencontek membuat dirinya malas untuk belajar, sering berbohong, memberikan contoh buruk kepada teman, dan juga membuat tidak percaya diri.

Marilah kita hentikan kebiasaan menyontek karna itu memberikan dampak buruk terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar, lakukanlah sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, rajin berusaha maka apa yang diinginkan akan tercapai. Proses tidak akan menghianati hasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *