Cara Mengatasi Laptop Lemot

RANTIANG.COM– Penggunaan laptop harus diakui lebih populer ketimbang desktop PC saat ini. Alasannya, tentu saja karena faktor mobilitas yang membuatnya mudah dibawa kemana-mana. Terlebih, seiring perkembangan waktu, bobot dan ukuran laptop makin ringkas. Hal itu tentu membuat penggunaan laptop kian tinggi, terlebih bagi mahasiswa atau pekerja dengan mobilitas tinggi. Kendati demikian, bukan berarti laptop bebas dari masalah pengoperasian yang lambat atau lemot. Sama seperti PC, laptop dengan sistem operasi Windows dapat berjalan tidak sebagaimana mestinya.

Oleh sebab itu, tim rantiang.com akan memberikan informasi mengatasi laptop lemot. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir lagi saat laptopmu tiba-tiba mengalami masalah.

1. Ganti Harddisk dengan SSD

Salah satu hal yang membuat kinerja laptop lambat adalah kecepatan data dari harddisk ke prosesor berjalan lambat. Untuk itu, ada baiknya kamu mengganti harddisk dengan SSD. Namun sebelum melakukannya, kamu perlu memastikan bahwa laptopmu mendukung. Jika kurang yakin, kamu dapat membawa laptopmu ke pihak yang lebih ahli.

2. Lakukan Upgrade RAM

Biasanya, saat membeli laptop baru, produsen hanya membekalinya dengan RAM 2GB atau 4GB. Padahal, melihat perkembangan software saat ini, kapasitas RAM tersebut kurang memadai. Oleh sebab itu, kamu perlu memikirkan opsi untuk menambah kapasitas RAM. Untuk menjamin kinerjanya, RAM 8GB dirasa paling minimal untuk dapat digunakan di laptop saat ini.

3. Mulai Lakukan Perawatan Hardware Rutin

Salah satu yang kerap dilupakan pengguna laptop adalah merawat hardware atau komponen laptop secara rutin. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan seluruh komponen dapat berjalan dengan baik. Kamu melakukan pembersihan komponen mulai dari kipas, motherboard, hingga penggantian thermal paste. Apabila dirasa tidak mahir melakukannya, kamu dapat meminta bantuan pihak lain yang lebih ahli.

4. Uninstall Software yang Tidak Perlu

Saat memakai laptop, tidak jarang pengguna memasang beragam software untuk banyak keperluan. Sementara pada kenyataannya, tidak seluruh software itu digunakan secara rutin. Untuk itu, cara ampuh lain untuk memastikan laptop tidak berjalan lemot adalah menghapus software yang tidak dibutuhkan. Selain membuat performa lebih optimal, kapasitas penyimpanan juga bertambah lega.

5. Reset atau Atur Ulang Windows di Laptop

Sistem operasi Windows juga dapat menjadi penyebab laptop menjadi lambat. Hal itu dapat terjadi apabila sistem Windows menjadi error akibat pemakaian sotfware tidak optimal. Apabila kondisi ini yang terjadi, satu-satunya jalan untuk memastikan laptop berjalan seperti biasa adalah dengan melakukan install ulang atau reset Windows yang digunakan.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *