BELAJAR MENJADI PERS MAHASISWA

Seperti tema di atas, kali ini tentang pers mahasiswa dengan materi seputar pengertian Pers mahasiswa dan fungsi/peranan pers mahasiswa.

Pertanyaan teman-teman mengenai Pers Mahasiswa akan saya sajikan jawabannya dengan pembahasan lengkap baik itu pengertian pers mahasiswa dan fungsi/peranan pers mahasiswa. (^_^)/

Pertama-tama mari kita mulai dengan pengertian PERS MAHASISWA.

Pers Mahasiswa secara umum adalah entitas penerbitan mahasiswa yang beroperasi di perguruan tinggi dan dikelola oleh mahasiswa.

Sedangkan menurut saya, Pers Mahasiswa adalah rangkaian dari dua kata yaitu “Pers” dan “Mahasiswa”.

  • Pers adalah penjabaran dari UUD No. 40 Tahun 1999 yang berbunyi bahwa pengertian pers adalah lembaga sosial atau wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik yang meliputi, mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak atau media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.

Sebagai pers, ia dituntut mampu menjalankan fungsi-fungsi persnya secara konsekuen dan independen.

  • Mahasiswa seperti yang sudah pernah saja jelaskan di artikel sebelumnya, Mahasiswa merupakan orang yang terdaftar dan belajar di perguruan tinggi, baik di universitas, maupun di institut atau akademi dan orang ini merupakan insan-insan calon sarjana  yang di harapkan menjadi calon –  calon intelektual

Sebagai mahasiswa, ia dituntut menjadi pelopor perubahan dan pemecah kebekuan. Maka, ketika kedua entitas itu digabungkan, dapat dibayangkan betapa besar, agung, dan beratnya nama yang disandangnya.

Jadi bisa dikatakan Pers Mahasiswa merupakan suatu media masa mahasiswa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik yang bersifat independen dan berada di perguruan tinggi, maupun di universitas yang berlandaskan dengan UUD No. 40 Tahun 1999.

Kedua FUNGSI PERS MAHASISWA

Dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Pasal 33 dapat disimpulkan bahwa fungsi dan peranan pers antara lain :

  1. Sebagai wahana komunikasi massa.
    Pers Mahasiswa merupakan wahana komunikasi antara pihak kampus dan mahasiswa ataupun pihak – pihak yang berkepentingan lainnya.
  2. Sebagai penyebar informasi.
    Pers mahasiswa juga berfungsi sebagai media informasi dari pihak kampus ke mahasiswa ataupun sebagai media penyalur aspirasi mahasiswa ke pihak kampus, karena bagaimanapun juga mahasiswa merasa turut serta dalam pembangunan kampus tersebut.
  3. Sebagai pembentuk opini. Berita, tulisan, dan pendapat yang dituangkan melalui pers dapat menciptakan opini kepada masyarakat luas.
  4. Sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol serta sebagai lembaga ekonomi.

Selain berisi berita – berita “berat”, pers mahasiswa juga dapat berperan sebagai media mengekspresikan seni mahasiswa, selain itu dapat pula berfungsi sebagai media transfer ilmu pengeahuan, sebagai alat kontrol terhadap kebijakan – kebijakan kampus atau organisasi kemahasiswaan yang berada kampus dan tidak dipungkiri, lembaga pers juga bisa dapat berpeluang mejadi lembaga ekonomi, melalui penawaran promosi produk atau sebagainya, yang akhirnya dapat menjadi media promosi.

pers mahasiswa mengedepankan  sifat objektifitas dan tidak subjektif dalam berkarya, bersikap netral dan memandang semua permasalahan kampus yang dapat di bertanggung jawab kan dan tidak menimbulkan perpecahan. Tetapi tidak ada salahnya jika karya yang diterbitkan menimbulkan perbincangan hangat di kalangan kampus, justru oleh karena itu akan mengikis sikap apatis mahasiswa terhadap dinamika kampus.

agar dapat menjalankan peranan dan fungsinya dengan baik, proporsional dan profesional, maka lembaga pers perlu medapat dukungan materil dan imateril dari seluruh pihak.

Bagi pihak kampus pers mahasiswa merupakan alat untuk memudahkan pihak kampus untuk mensosialisasikan kebijakan – kebijakannya agar mendapat dukungan dari mahasiswa.

Bagi mahasiswa, pers mahasiswa merupakan media untuk menyalurkan aspirasi kepada pemegang kebijakan dikampus.

Itu lah Pers Mahasiswa yang bisa saya jelaskan.
Tunggu Postingan Selanjutnya ya hehehe \(^o^)/
Salam Pers

Asad Rabbani

Seorang anak yang berkulit hitam yang bercita-cita mambangun dan memperbaik sebuah negri kecilnya. ( Email : asadrabb01@rantiang.com ) (IG : asadrabbani01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *