Beda penyimpanan SSD dan HDD ? Sudah tau belum

RANTIANG.COM- Di tahun 2021 ini banyak sekali pilihan laptop Yang tersedia Di pasaran mulai dari laptop dengan spesifikasi kelas menengah hingga laptop dengan spesifikasi kelas dewa. Namun akhir-akhir ini laptop dengan penyimpanan SSD lebih banyak peminatnya dibandingkan HDD, beberapa dari Kita pasti ada yang bingung perbedaan penyimpanan SSD dengan HDD.


1. SSD
SSD (Solid State Drive) adalah perangkat penyimpan data Yang menggunakan komponen integrated circuit (IC). Suatu chip sebagai media penyimpanan guna menulis maupun membaca suatu data.
Semakin banyak chip (IC) yang dimiliki SSD maka semakin besar kapasitas penyimpanannya. Komponen SSD juga tidak bergerak seperti halnya hardisk, sehingga mengurangi resiko kerusakan. Selain itu kemampuan dalam membaca dan mentranfer data SSD lebih cepat. Harga SSD sediri lumayan mahal dibandingkan HDD. SSD memiliki kapasitas penyimpanan dari 128 GB, 256 GB, 500 GB, 512 GB, 1 TB, 2 TB, dan seterusnya.

2. HDD
HDD (Hard Disk Drive) adalah perangkat penyimpanan komputer yang berbentuk piringan. Penyimpanan ini menggunakan sistem magnetis untuk menyimpan dan mengabil data digital.
Piringan tersebut merupakan komponen utama HDD dan memiliki berat yang lumayan dibandingkan SSD, piringan berputar dengan ribuan putaran permenit (RPM). Kecepatan putar piringan ini juga merupakan salah satu faktor yang memengaruhi performa sebuah HDD. HDD sediri memiliki kapasitas dari 250 GB, 500 GB, 1 TB, 2 TB, 4 TB dan seterusnya.
Jadi itulah beberapa perbedaan penyimpanan SSD dan HDD, mana yang bagus ? Ya keduanya sama-sama bagus, namun kembali kepada budget dan kebutuhan masing-masing.

Sumber reference artikel :
https://lifestyle.kontan.co.id/news/perbedaan-ssd-dan-hdd-benarkah-ssd-lebih-baik?page=all
https://www.cermati.com/artikel/jangan-disamakan-simak-perbedaan-ssd-dan-hardisk-yang-wajib-diketahui

Sumber Foto : Pinterest

Heriyanto

I Think, I'm Okay.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.