Apa itu LKMM-TD?

RANTIANG.COM– Setelah mengikuti serangkaian kegiatan acara PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) pada tanggal 18-21 September lalu, sekarang angkatan 19 diharuskan mengikuti kegiatan LKMM-TD. Seorang mahasiswa dituntut untuk memiliki kompetensi hardskill yang didapatkan pada kegiatan kurikuler juga harus memiliki keterampilan softskill yang diperoleh melalui kegiatan ekstra kurikuler. Salah satu contoh dari kegiatan ekstra kurikuler adalah Unit Kegiatan Mahasiswa dan organisasi mahasiswa lainnya.

Pertanyaannya adalah apa itu LKMM-TD? LKMM-TD atau Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar adalah serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan menyelenggarakan kegiatan kemahasiswaan dengan perancanaan dan sistematika yang baik.

Dasar atau pedoman acara ini terdapat dalam Undang-undang Negara Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2002 tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU No 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah Nomor 4 tahun 2004 tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi dan Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 15 tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kemenristekdikti.

Tujuan dari LKMM-TD ini adalah membekali mahasiswa dengan cara memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengembangkan kemampuan manajerial. Lebih rincinya sebagai berikut:

  1. Mahasiswa memiliki keterampilan manajerial yang sepadan dengan tingkat tanggung jawabnya masing-masing.
  2. Mahasiswa memiliki rasa tanggung jawab, sikap mandiri, dan jiwa kewirausahaan karena kemampuannya dalam berorganisasi.
  3. Mahasiswa memilki dan mampu mengembangkan sikap yang berorientasi pada prestasi dan pencapaian hasil yang sebaik mungkin.
  4. Mahasiswa mampu menerapkan dan mengembangkan kemampuannya untuk berfikir secara ilmiah dalam praktek berorganisasi.
  5. Mahasiswa mampu menerapkan kesadaran berbangsa dan bernegara serta rasa cinta tanah air.

Selain tujuan yang terdapat diatas, LKMM-TD ini juga bertujuan agar mahasiswa mau menunjukkan bakat yang dimilikinya dan membantu mahasiswa dalam menentukan organisasi yang akan dipilihnya. Jadi, tentukan pilihanmu sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *