5 penyebab kenapa Baterai Smartphone cepat habis dan panas

RANTIANG.COM- Baterai pada sebuah smartphone merupakan komponen penting dalam menunjang performa smartphone. Salah satu yang menjadi perhatian khusus pada baterai adalah suhunya yang cederung cepat panas saat dipaksa bekerja tanpa henti pada performance yang tinggi dan smartphone pun jadi overhating.

Lalu, apa saja yang membuat baterai pada smartphone menjadi cepat panas dan smartphone jadi overhating yang mungkin tanpa Anda sadari itu biasa saja, berikut ada 5 penyebabnya.

1. Split Screen Aplikasi
Pengguna smartphone yang udah biasa multitasking sering menerapkan pembukaan aplikasi secara banyak sekaligus tanpa menghilangkannya dari layar smartphone atau yang biasa disebut split screen. Hal ini membuat smartphone Anda harus bekerja lebih ekstra yang bikin suhu dari smartphone Anda menjadi meningkat dan panas.

2. Bermain Game terlalu lama.

Bermain game terus-menerus apalagi game yang memakan banyak RAM(memori penyimpanan sementara di smartphone) atau biasa disebut game berat akan menyebabkan panas baterai smartphone semakin meningkat.

3. Upgrade OS
Kinerja smartphone akan meningkat setelah Anda melakukan upgrade OS(sistem operasi smartphone). OS akan menambahkan fitur-fitur yang membuat smartphone bekerja lebih ekstra. Jika dalam beberapa minggu setelah upgrade OS suhu smartphone tidak kunjung menurun, sebaiknya Anda perlu cek kesehatan smartphone Anda di service center.

4. Pengaturan Smartphone kurang maksimal
Pengaturan yang tidak terlalu diperlukan seperti live wallpaper, kecerahan cahaya smartphone yang terlalu tinggi, dan terlalu banyak memasang widgets juga membuat baterai smartphone juga bekerja lebih yang membuat baterai smartphone cepat habis.

5. Terkena Virus atau Malware
Virus dan malware bisa berasal dari file, iklan, dan aplikasi lain yang diunduh diluar Playstore atau Appstore. Virus dan malware bisa menyebar ke software smartphone Anda yang membuat smartphone menjadi lambat, lagging, dan overhating dan itu bisa berakibat fatal jika dibiarkan terlalu lama. Sebaiknya segera cepat atasi dengan antivirus yang ada di smartphone Anda.

Itulah lima penyebab kenapa smartphone Anda cepat panas dan baterinya pun cepat habis. Maka dari itu selalu rawat dan perhatikan smartphone Anda agar lebih awet dan tahan lama saat dipakai. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga membantu.

Sumber Foto : shutterstock.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.