Apa Itu Organisasi? (Organisasi bukan Ajang Popularitas)

RANTIANG.COM- (06/10/2018) Organisasi, kata yang sering kali kita ucapkan setiap hari dan kita barangkali sudah mengetahui pengertian dari organisasi itu sendiri. Ditulisan kali ini kita akan mengupas lebih mendalam lagi tentang organisasi.

Dikutip dari Wikipedia “Organisasi adalah suatu pola hubungan orang-orang dibawah pengarahan manajer, ketua atau pimpinan untuk mengejar tujuan bersama. Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih”.

Tujuan dari organisasi diantaranya adalah :

1. Untuk merealisasikan keinginan atau harapan dan cita-cita bersama para organisasi atau kelompok.

2. Tujuan yang kedua adalah hasil akhir yang diinginkan di masa yang akan datang. Misalkan saja ada sebuah organisasi kampus yang memilki tujuan seperti ingin mengembangkan bakat dan minat mahasiswanya supaya bakat yang dimilkinya tidak di sia-siakan begitu saja atau organisasi di kampus menjadi wadah untuk mahasiswa untuk mengembangkan ide-ide yang kreatif.

Selain ada tujuan, organisai juga mempunyai fungsi yang sesuai dengan tujuan, diantaranya :

1. Fungsi pertama adalah memberikan arahan dan pemusatan kegiatan organisasi, mengenai apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan.

2. Fungsi kedua, meningkatkan kemampuan atau skill individu anggota organisasi dalam mendapatkan sumber daya dan dukungan dari lingkungan sekitar atau masyarakat.

3. Fungsi yang ketiga, memberikan pengetahuan dan pengalaman baru kepada anggotanya supaya berwawasan dan siap untuk terjun ke organisasi yang lebih besar.

Setelah adanya tujuan dan fungsi, organisasi juga mempunyai manfaat yang sangat berguna, diantaranya :

1. Melatih leadership

2. Memperluas pergaulan

3. Ajang pembelajaran kerja yang sesungguhnya

4. Membentuk karakteristik seseorang

5. Meningkatkan wawasan dan pengetahuan

6. Kuat dalam menghadapi tekanan

7. Mampu mengatur waktu yang snagat baik

Dari manfaat tersebut bisa kita lihat bahwasanya organisasi sangat berguna bagi kita terutama bagi para mahasiswa. Sudah tergambar jelas dari manfaat yang diatas organisasi sangat berguna dalam melatih leadership atau kepemimpinan kita, cara bicara di depan umum dan berhadapan dengan banyak orang. Dan juga organisasi membantu kita mempeluas jaringan pertemanan, karena kita akan terus bertemu dengan orang-orang yang baru.

Demikian tulisan kali ini, semoga bermanfaat dan mengubah pola pikir atau cara pandang kita tentang organisasi yang selama ini berfikiran bahwa organisasi itu buang-buang waktu, menyita waktu kuliah, buang-buang tenaga, uang atau lainnya sebagainya. STOP berfikiran yang demikian. Malah sebaliknya, organisasi itu asik, menyenangkan dan dengan organisasi kita akan belajar dengan sendirinya tentang manajemen waktu dan bertanggung jawab kepada diri sendiri.

 

Penulis : Febi Fitria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *